zakat dan wakaf di era digital

Zakat dan Wakaf di Era Digital, Apa Saja Manfaatnya Untuk Bangsa

Bahas tuntas tentang Zakat Dan Wakaf di Era Modern

Zakat dan wakaf di era digital– saya kita sudah banyak situs yang membahas tentang zakat dan juga wakaf dan disini saya akan membahas secara mudah apa itu zakat dan apa itu wakat dan apa saja manfaat zakat dan wakaf untuk bangsa.

Era teknologi 4.0 sudah tiba, lalu bagaimana pernaan zakat dan wakfa di era 4.0 ini.

Maka dari itu noviyanto.com bahasa masalah zakat di era 4.0 ini sampai tuntas.

Sudah banyak situs yang membahas lengkap masalah zakat dan wakaf disini saya akan sedikit melakukan penyegaran saja, agar kembali mengingat sedikit-sedikit masalah zakat dan wakaf.

..dan apa dampak zakat terhadap bangsa Indonesia.

Pengertian

Zakat dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

..Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam (wikipedia).

Penglolaan zakat dan wakaf ini juga sudah diatur di “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT“.

Lengkapnya dapat dibaca disini.

Zakat Fitrah dan Zakat Maal

Zakat dibagi menjadi 2 jenis, yakni zakat fitra dan zakat maal.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang sudah mempunyai kemampuan untuk menunaikannya.

Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan setahun sekali yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri.

…pada prinsipnya, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum sholat idul fitri. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Zakat fitrah adalah cara untuk menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian harta yang menjadi hak orang lain.

Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari.

Ketentuan ini didasarkan pada hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasa’i dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah telah mewajibkan membayar zakat fitrah satu sha’ kurma atau sha’ gandum kepada hamba sahaya, orang yang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa dari kaum muslim.

Zakat Mal

Anda dapat menunaikan zakat maal ke BAZNAS melalui → www.baznas.go.id/bayarzakat

Zakat mal yang dimaksud dalam perhitungan ini adalah zakat yang dikenakan atas uang, emas, surat berharga, dan aset yang disewakan (Al Qur’an Surah At Taubah ayat 103, Peraturan Menteri Agama No 52/2014 dan pendapat Shaikh Yusuf Qardawi). Zakat maal harus sudah mencapai nishab (batas minimum) dan terbebas dari hutang serta kepemilikan telah mencapai 1 tahun (haul).

Standar harga emas yg digunakan untuk 1 gram nya adalah Rp600.000,-. Sementara nishab yang digunakan adalah sebesar 85 gram emas.

…Adapun cara menghitung zakat maal sebagai berikut:

Zakat dan Wakaf di Era Digital, Apa Saja Manfaatnya Untuk Bangsa 1
sumber : ig @literasizakatwakaf
cara menghitung Zakat emas atau perak
Cara zakat profesi
cara zakat predagangan
zakat produktif barang yang disewakan
tara cara zakat pertanian
tata cara zakat tabungan
sumber gambar : IG @literasizakatwakaf

2,5% x Jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun

Contoh:

Bapak A selama 1 tahun penuh memiliki harta yang tersimpan (emas/perak/uang) senilai Rp100.000.000,-. Jika harga emas saat ini Rp600.000,-/gram, maka nishab zakat senilai Rp51.000.000,-. Sehingga Bapak A sudah wajib zakat. Zakat maal yang perlu Bapak A tunaikan sebesar 2,5% x Rp100.000.000,- = Rp2.500.000,-.

sumber : https://baznas.go.id/id/zakat-maal

Syarat-syarat Wajib Menunaikan Zakat

  • Muslim ✓
  • Berakal ✓
  • Balig ✓
  • Memiliki harta sendiri dan sudah mencapai nisab ✓

Berbicara manfaat dipembahasan kali ini tentu akan ada banyak manfaat.

..lalu, siapa penerima zakat atas zakat yang sudah ditunaikan oleh orang yang mampu.

Ada 8 golongan yang berhak menerima zakat.

  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Amil
  4. Muallaf
  5. Gharim
  6. Raqib
  7. Fi Sabilillah
  8. Ibnu Sabil

Lalu apa yang dimaksud dengan zakat dan wakaf di era digital.

Tujuan penglolaan zakat, yang sebagaimana telah disebutkan dalam undang-undang yakni untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat dan meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Di era yang sudah serba digital ini membuat berzakat bisa melalui portal milik BAZNAS( Badan Amil Zakat Nasional ), Lembaga Amil Zakat (LAZ) secara online.

..Anda bisa berzakat secara online melalui situs→www.baznas.go.id

BAZNAS merupak situs resmi milik pemerintah yang direalisasikan oleh kementrian agama dan instansi terkait lainya.

Manfaat Zakat

Zakat memiliki banyak sekali manfaat, dana zakat dapat digunakan untuk pemberdayaan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan.

Berikut manfaat zakat dari segi sosial

  • Zakat bisa membantu para fakir miskin dalam memenuhi kebutuhannya.
  • Zakat mampu memperkuat tali persaudaraan dan ukhuwah islamiyah.
  • Menunaikan zakat bisa menambah harta & meningkatkan keberkahan harta. Seperti yang tertuang didalam hadist Nabi Muhammad SAW yang menyatakan sedekah itu tidak mengurangi harta.
  • Zakat akan memperluas peredaran harta. Hal ini karena dengan menunaikan zakat maka harta tidak berhenti pada satu titik, tapi bisa menyebar ke banyak orang. Dengan begitu manfaat zakat tidak hanya bersifat individu saja, tapi juga secara luas kepada masyarakat.
  • Menyempurnakan Iman.
  • Membersihkan Hati dan Diri.
  • Terbiasa Membantu Sesama.
  • Menghilangkan Rasa Iri dan Prasangka.
  • Menghapus Dosa

Setelah membahas seputar zakat selanjutnya noviyanto.com akan membahas tentang wakaf.

Wakaf

Wakaf adalah Sedekah Jariyah, yakni menyedekahkan harta kita untuk kepentingan ummat. Harta Wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh wariskan dan tidak boleh dijual. Karena wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama ummat.

…tujuan Wakaf adalah memanfaatkan benda wakaf sesuai dengan dengan fungsinya

Fungsi Wakaf adalah mewujudkan suatu potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

10 Manfaat Wakaf

  1. Menimbulkan jiwa sosial yang tinggi. Wakaf seperti manfaat sedekah yang bisa menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial sehingga yang memiliki harta benda lebih banyak bisa memberikan kepada yang kaum yang tidak mampu.
  2. Membantu orang lain yang mendapatkan kesulitan. Manfaat wakaf yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kesulitan, misalnya berupa manfaat tanah yang diberikan untuk orang yang kesulitan dan keadaan yang payah sehingga tidak memiliki tempat tinggal.
  3. Membuat seseorang menjadi sadar bahwa semua harta benda yang dimiliki bersifat tidak kekal. Manfaat agama dalam kehidupan manusia dalam ini, berhubungan dengan harta yang kita miliki juga harus dibagi dengan orang lain atau ada sebagian hak orang lain dalam harta kita.
  4. Wakaf berhubungan bahwa untuk mendapatkan kehidupan akherat yang kekal bisa diselamatkan dari kehidupan saat masih ada di dunia. Manfaat wakaf bisa menjadi bekal untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik.
  5. Amalan wakaf yang tidak terputus meskipun sudah meninggal dunia menjadi salah satu sarana amalan yang bisa membuat manusia selamat di dunia dan akherat.
  6. Wakaf juga bermanfaat untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan kehidupan dan sarana yang lebih baik. Wakaf bisa digunakan untuk mendirikan atau membuat fasilitas yang umum sehingga bermanfaat untuk umum. Hal ini seperti manfaat qurban yang membantu masyarakat kurang mampu, agar mendapatkan asupan gizi daging yang sehat.
  7. Wakaf yang dijalankan bisa mencegah perselisihan dalam masyarakat. Adanya masalah kesenjangan sosial terkadang membuat beberapa masyarakat merasa iri atau ingin memiliki harta yang sama. Hal ini tentu tidak bisa didapatkan karena Tuhan telah memberikan rejeki dengan ukuran dan takaran yang berbeda. Wakaf menjadikan manfaat hidup rukun antara masyarakat antara orang kaya dan miskin terjalin dan berjalan seimbang.
  8. Wakaf mempererat tali persaudaraan. Hubungan masyarakat antara orang yang kaya dan miskin biasanya akan mengalami kesenjangan karena perbedaan derajat yang masih dipandang oleh masyarakat. Ketika orang yang kaya memberikan wakaf untuk digunakan secara umum maka orang yang kekurangan juga bisa merasakan sarana secara umum. Tindakan ini dapat membuat hubungan masyarakat yang lebih harmonis. Hal ini juga diajarkan dalam islam yakni dalam manfaat zakat
  9. Manfaat wakaf membuat orang yang sedang kesulitan bisa keluar dari masalah. Mengelola wakaf sesuai dengan manfaat yang sudah disepakati akan membuat golongan atau masyarakat tertentu memiliki beban yang lebih ringan.
  10. Wakaf mendorong pembangunan di semua bidang ilmu. Wakaf telah meningkatkan pembangunan di segala bidang sesuai dengan tujuan pemakaian wakaf. Wakaf banyak digunakan untuk mendirikan beberapa sarana yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang seperti asrma sekolah, sekolah, yayasan pendidikan atau fasilitas lain.

Wakaf di Era digital

Wakaf dulunya hanya tanah sekarang semakin mendalam yakni cash wakaf, aset, bahkan royalti.

Tentu dengan hadirnya teknologi 4.0 yang bertjuan mempermudah aktifitas manusia, sehingga salah satunya adalah transaksi zakat dan wakaf bisa dilakukan secara online.

jenis-jenis wakaf
sumber gambar IG : @literasizakatwakaf

Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis wakaf

1. Berdasarkan Peruntukan⁣

Sebelum berwakaf ketahui dulu jenis peruntukannya. Apakah wakafnya untuk kepentingan suatu golongan saja atau untuk kepentingan masyarakat luas⁣

2. Berdasarkan Jenis Harta⁣

  • Benda tidak bergerak⁣
  • Benda bergerak selain uang⁣
  • Benda bergerak berupa uang⁣

3. Berdasarkan Waktu⁣

Ketahui juga jenis waktu untuk sebuah benda wakaf, apakah diwakafkan dalam waktu tertentu saja atau selamanya⁣

4. Berdasarkan Penggunaan Harta yang diwakafkan⁣

Jenis wakaf yang satu ini berdasarkan penggunaan harta yang diwakafkan apakah bisa langsung digunakan oleh masyarakat luas atau penggunanya sesuai keinginan pewakaf⁣.

Syarat – Syarat Wakaf

Menurut Undang-undang No.41 tentang Wakaf, Wakaf dapat dilakukan dengan memenuhi Syarat – syarat wakaf sebagai berikut :

1. Syarat Wakaf harus ada Wakif

Dalam syarat wakaf harus ada wakif. Wakif adalah orang yang mewakafkan harta benda miliknya. Wakif antara lain meliputi perseorangan, organisasi dan badan hukum. Syarat perseorangan yaitu dewasa, berakal sehat dan juga tidak terhalang melakukan perbuatan hukum dan pemilik sah harta benda wakaf.

Dalam syarat wakaf, wakif organisasi hanya dapat melakukan wakaf apabila memenuhi ketentuan organisasi untuk mewakafkan harta benda wakaf milik organisasi sesuai dengan anggaran dasar organisasi yang bersangkutan.

Dalam syarat wakaf, wakif badan hukum hanya dapat melakukan wakaf apabila memenuhi ketentuan badan hukum untuk mewakafkan harta benda wakaf milik badan hukum sesuai dengan anggaran dasar badan hukum yang bersangkutan.

2. Syarat Wakaf harus ada Nadzir

Dalam syarat wakaf harus ada nadzir. Nadzir adalah orang yang diserahi tugas pemiliharaan dan pengurusan benda wakaf. Nadzir meliputi perseorangan, organisasi dan badan hukum.

Dalam syarat wakaf, perseorangan dapat menjadi nadzir apabila memenuhi persyaratan :

  • Warga negara Indonesia
  • Beragama islam
  • Dewasa
  • Amanah
  • Mampu secara jasmaniah dan rohani
  • Tidak terhalang dalam melakukan perbuatan hukum.

Dalam syarat wakaf, Organisasi dapat menjadi nadzir apabila memenuhi persyaratan :

  1. Pengurus organisasi yang bersangkutan dapat memenuhi persyaratan nadzir perseorangan
  2. Organisasi yang bergerak di bidang sosial, kemasyarakatan, pendidikan dan keagamaan

Dalam syarat wakaf, Badan hukum hanya dapat menjadi nadzir apabila memenuhi persyaratan :

  • Pengurus badan hukum yang bersangkutan dapat memenuhi nadzir perseorangan.
  • Badan hukum Indonesia yang dibentuk bedasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Badan hukum yang bersangkutan bergerak di dalam bidang sosial, pendidikan, kemasyarakatan dan keagamaan.

Menurut Pasal 219, tata cara wakaf yaitu nadzir harus didaftar pada kantor Urusan Agama Kecamatan setelah mendengar saran dari Camat dan Majelis Ulama Kecamatan untuk mendapatkan pengesahan.

Nadzir sebelum melaksanakan tugasnya, diharuskan mengucapkan sumpah dihadapan kepada kantor Urusan Agama Kecamatan disaksikan sekurang-kurangnya dua orang saksi dengan isi sumpah wakaf sebagai berikut : “Demi Allah, Saya bersumpah diangkat untuk menjadi nadzir langsung atau tidak langsung dengan nama atau dalih apa pun tidak memberikan atau menjanjikan ataupun memberikan sesuatu kepada siapa pun juga.

Saya bersumpah, untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak sekali-kali akan menerima langsung dari siapapun juga suatu pemberian atau janji. Saya bersumpah, bahwa saya senantiasa menjunjung tinggi tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada saya selaku nadzir dalam pengurusan harta wakaf sesuai maksud dan tujuannya.”

3. Syarat Wakaf harus ada Harta Benda Wakaf

Syarat wakaf harus ada harta benda yang diwakafkan. Harta benda wakaf adalah benda baik bergerak maupun tidak bergerak yang memiliki daya tahan yang tidak hanya sekali pakai atau bernilai menurut ajaran islam. Harta benda wakaf diwakafkan apabila dimiliki dan dikuasai oleh wakif secara sah. Harta benda wakaf terdiri atas benda bergerak dan benda tidak bergerak.

4. Syarat Wakaf harus ada Ikrar Wakaf

Syarat wakaf harus ada ikrar wakaf. Ikrar wakaf adalah pernyataan kehendak dari wakif untuk mewakafkan benda miliknya. Ikrar wakaf dilaksanakan oleh wakil kepada nadzir di hadapan PPAIW (Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf) dengan disaksikan oelha 2 orang saksi, ikrar tersebut dinyatakan secara lisan dan atau tulisan serta diuangkan dalam akta ikrar wakaf oleh PPAIW. Dalam hal wakif tidak dapat menyatakan ikrar wakaf secara lisan atau tidak dapat hadir dalam pelaksanaan ikrar wakaf karena alasan yang tidak dibenarkan oleh hukum, wakif dapat menunjuk kuasanya dengan surat kuasa yang diperkuat oleh dua orang saksi.

5. Syarat Wakaf harus ada Peruntukan Harta Benda Wakaf

Syarat wakaf harus ada peruntukan harta benda wakaf. Dalam rangka mencapai fungsi wakaf dan tujuan wakaf, harta benda wakaf hanya dapat diperuntukan bagi :

  • Sarana ibadah
  • Kegiatan dan prasarana pendidikan serta kesehatan
  • Bantuan kepada anak terlantar, fakir miskin, yatim piatu dan beasiswa
  • Kemajuan dan peningkatan ekonomi umat
  • Kemajuan dan juga kesejahteraan umum lainnya yang tidak bertentangan dengan syariah dan peraturan perundang-undangan.

6. Syarat Wakaf harus ada Jangka Waktu Wakaf

Syarat wakaf harus ada jangka waktu wakaf. Pada umumnya para ulama berpendapat yang diwakafkan zatnya harus kekal. Namun Imam Malik dan golongan syi’ah Imamiyah menyatakan bahwa wakaf itu boleh dibatasi waktunya.

Golongan Hanafiyah mensyaratkan bahwa harta yang diwakafkan itu zatnya harus kekal yang memungkinkan dapat dimanfaatkan terus-menerus.

Saya punya rekomendasi website untuk anda yang ingin konsultasi masalah zakat dan wakaf, kemudian ingin mengetahui reguliasi peraturan undang-undang melalui situs diberinama Bimas Islam (Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama ) yang bisa anda akses Disini.


Artikel ini dibuat guna mengikuti lomba dari literasizakatwakaf.com dan informasi yang dikumpukan berasal berbagai sumber guna memperlengkap artikel tentang zakat dan wakaf secara lengkap, sebagai berikut :

Saya mohon maaf jika ada kekurangan informasi disalam artikel ini dan saya mohon masukan kepada pembaca jika sekiranya didalam artikel ini ada tulisan yang kurang jelas atau ada tulisan yang harus diperbaiki mohon bisa menghubungi saya via kontak.

– Buku dalam Penulisan pengertian wakaf, syarat wakaf, macam-macam wakaf, tujuan wakaf dan fungsi wakaf : Mardani, 2011. Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia.
– https://manfaat.co.id/manfaat-zakat-dari-segi-keagamaan-akhlak-dan-sosial
– Wikipedia.org
– Baznas.go.id
– literasizakatwakaf.com

Info lomba : http://literasizakatwakaf.com/kompetisi-blog/

Tinggalkan komentar