Cara Jualan Online Laris, Mudah dan Cepat!

Cara Jualan Online Laris, Mudah dan Cepat!

Memasuki era digital ini banyak orang yang melakukan jual beli dengan menggunakan teknologi yang ada. Selain menghemat biaya, tentunya teknik ini juga memiliki banyak kemudahan, namun bagaimana cara jualan online yang mudah dan cepat?

Meski memiliki banyak kemudahan, ketika Kamu ingin berjualan secara online sebelumnya harus memiliki perencanaan yang baik dan benar serta matang. Karena, jika tidak demikian maka usaha atau bisnis online yang Kamu buat bukan tidak mungkin akan cepat gulung tikar.

Bagaimana Cara Jualan Online?

Perkembangan online shop atau toko virtual dengan segala kemudahan yang diberikan memaksa para pengusaha konvensional untuk mengikuti tren tersebut. Tidak hanya itu, mereka bahkan turut mempelajari strategi cara berjualan online.

Baca juga : Cara membuat toko online

Jika Kamu beranggapan bahwa berjualan online hanyalah mitos dan menilai bahwa berjualan konvensional akan tetap lebih menarik, maka salah satu penelitian yang dilakukan oleh Experian Simmons mengungkapkan hal yang berbeda dengan anggapan Kamu.

Menurut penelitian tersebut, dari 4,887 pelaku belanja online memiliki umur 25-54, 59,1 persennya adalah wanita. Sementara itu 57,3 persen memiliki penghasilan di atas 50 ribu dolar dan 77,o persen mempunyai tingkat pendidikan sederjat universitas atau lebih tinggi.

Artinya, menilik perkembangannya belanja online dianggap sebagai salah satu pangsa pasar yang menjanjikan dan sangat potensial bagi masyarakat di seluruh dunia, termasuk di dalam negeri Indonesia sendiri.

Cara Belanja Online, Mudah Cepat!

1. Pilih Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memilih produk dan jasa yang akan Kamu tawarkan secara online karena tidak semua barang yang dijual secara offline akan mendapat respons yang sama ketika dijual secara online.

Kamu harus mematangkan masak-masak dan menangkap peluang yang ditawarkan pasar sebelum menawarkan produk atau jasa yang Kamu jual secara online. Hal ini merujuk keinginan pada pelaku pasar online yang mengingingkan untung hingga ratusan juta rupiah.

Untuk memudahkan Kamu dalam memilih produk atau jasa yang akan dijual secara online, berikut beberapa pertimbangan yang harus Kamu pahami ketika akan memilih produk atau jasa yang akan dijual secara online.

  • Produk yang akan dijual memungkinkan untuk dapat dikirim atau produk digital yang dijual memungkinkan dikirim melaui internet.
  • Pilih bermacam produk atau hanya satu produk saja yang akan dijual (khusus).
  • Produk yang dijual hasil produksi sendiri atau dari penyuplai dengan bahan yang terpercaya.
  • Proses pengiriman, dapat dikirim sendiri atau menggunakan jasa pengiriman.
  • Jalin hubungan dan sosialisasikan produk yang Kamu jual secara online tersebut.

2. Pemilihan Segmen Pasar

Pemilihan segmen pasar atau yang disebut dengan Niche Market yang khusus menyediakan item sejenis dimaksudkan agar mendapat kepuasan dari pembeli dan memperkecil persaingan pasar. Disini Kamu harus dapat mengetahui perbedaan toko online satu dengan yang lainnya.

Jika Kamu berhasil mengetahui perbedaan tersebut, hal ini dapat membuat bisnis yang Kamu rintis secara online mendapatkan banyak untung. Tetapi sebelum itu, Kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Survey para kompetitor sebelum menjual produk, pertimbangkan pasar online sebelum jatuh pada persaingan.
  • Tawarkan produk asli, ini dapat menjadi pembeda dari produk yang dijual toko online lain.
  • Manfaatkan keahlianmu, jika Kamu memiliki prestasi dalam suatu bidang, hal tersebut tentu sangat dapat digunakan sebagai alat pemasaran.
  • Atur proses pemesanan, pembelian dan pembayaran semudah mungkin.

3. Uji Pasar dengan Produk Jual Skala Kecil

Pengujian terhadap sesuatu yang akan Kamu buat merupakan hal yang sangat penting dan dapat menjadi tolok ukur kelanjutan bisnis yang Kamu buat. Kamu bisa menjual barang secara offline tetapi pemasarannya melalui media online. Produk yang Kamu jual juga bisa dipasarkan dalam suatu pameran atau event-event sejenisnya.

Baca juga : Cara membuat toko website dengan wordPress

Cara ini digunakan seberapa besar minat pasar terhadap barang yang Kamu jual. Jika hasilnya positif, maka langkah selanjutnya adalah memperbanyak produksi dari barang yang Kamu ingin jual secara online tadi. Meski demikian, beberapa hal berikut perlu diperhatikan.

  • Sasaran pembeli, siapa yang akan membeli produk Kamu dan menjadi pelangganmu.
  • Berapa banyak kebutuhan yang diperlukan konsumen, Kamu bisa memberi variasi harga.
  • Feedback atau tanggapan dari konsumen setelah membeli produk kamu.

4. Menyusun Perencanaan Bisnis

Membuat perencanaan bisnis secara rinci membuat usaha online Kamu menjadi semakin terarah dan akan menemui hasil yang pasti. Rencanakan biaya operasional yang akan Kamu keluarkan, tidak hanya untuk produksi baran tetapi juga untuk pemasarannya.

Meskipun memiliki bisnis online sangat mudah dan gratis tetapi Kamu juga tetap akan mengeluarkan biaya untuk produksi barang yang dijual. Selain itu, biaya juga diperlukan dalam pengiriman barang yang dijual tadi.

Tips Cara Jualan Online

1. Tawarkan contoh produk

Salah satu cara menarik minat para pembeli untuk membeli barang atau produk yang Kamu jual adalah bagikan secara gratis contoh produk yang akan dijual tentu dalam skala yang kecil, tetapi jangan asal dalam membagikan produk jual Kamu.

Setidaknya contoh produk yang Kamu jual tadi diberikan kepada seseorang yang berpengaruh di dalam masyarakat. Hal ini sangat memungkinkan dan membantu perkembanan dan berjalannya toko online yang Kamu bangun.

Setelah itu, Kamu perlu meminta tanggapan mengenai barang yang telah diberikan tadi. Tanggapan dari seseorang yang berpengaruh tadi pasti akan mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap produk yang Kamu jual secara online.

2. Dapatkan Kepercayaan Pembeli

Kamu harus menjadi penjual yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi atau catatan yang baik sehingga para pembeli akan menaruh kepercayaan pada Kamu hingga mereka tak ragu untuk membeli dan bahkan mungkin memborong produk yang Kamu jual.

Tawarkan produk asli dan jangan sekali-kali menjual produk yang tidak relevan untuk diperjual belikan. Produk asli sangat mempengaruhi perkembangan bisnis online yang Kamu bangun, karena apabila barang yang Kamu jual asli maka para konsumen tak segan memberikan tanggapan yang baik pula.

3. Menjadi Sponsor

Kamu bisa menjadi sponsor dari acara offline yang relevan, ini menjadikan alat periklanan yang sangat menjanjikan bagi bisnis online yang Kamu buat. Dalam sebuah acara tersebut, Kamu dapat memperkenalkan produk yang akan dijual secara online nantinya.

Akan tetapi, ketika Kamu akan menjadi sponsor dalam sebuah acara perlu dipertimbangkan beberapa hal yang menunjang produk Kamu akan terjual agar apa yang telah Kamu lakukan tidak berakhir dengan sia-sia.

4. Cari dan Bagikan Press Release

Cara yang satu ini merupakan langkah yang strategis untuk meningkatkan media presence toko online milik Kamu. Kamu bisa melakukan riset untuk mendapatkan daftar media yang potensial sekaligus relevan untuk bisa Kamu bagikan press release. Langkah ini juga baik untuk menjaga hubungan dengan media tersebut.Beberapa langkah-langkah dan catatan diatas dapat dijadikan sebagai acuan bagi Kamu yang ingin berjualan secara online. Cara jualan online diatas merupakan salah satu cara termudah dan dapat Kamu terapkan untuk mengikuti tren berjualan, terutama bagi Kamu generasi milenial.

Sharing is caring!

Tinggalkan komentar