QRIS: Lebih Cepat, Lebih Mudah, Lebih Aman dalam Transaksi Sehari-hari

QRIS diciptakan untuk membantu orang membayar dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Jadi, kamu tidak perlu bawa uang tunai atau kartu kredit saat mau membeli sesuatu, cukup dengan ponsel atau tabletmu saja.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah cara mudah untuk membayar belanjaan atau tagihan dengan menggunakan smartphone kamu dengan mudah dan cepat.

Kamu tidak perlu membawa uang tunai atau kartu kredit lagi, cukup dengan memindai kode QR yang ada di aplikasi pembayaran atau mesin EDC.

QRIS juga lebih aman karena tidak perlu khawatir tentang kehilangan uang tunai atau risiko pencurian informasi pribadi.

QRIS pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2017 dengan tujuan untuk memudahkan orang-orang dalam melakukan transaksi pembayaran dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

Mengapa QRIS diciptakan?

QRIS diciptakan untuk membantu orang membayar dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Jadi, kamu tidak perlu bawa uang tunai atau kartu kredit saat mau membeli sesuatu, cukup dengan ponsel atau tabletmu saja.

pengguna qris
sumber foto screenshoot dari Katadata.co.id

Jumlah transaksi dari 1 Januari 2020 sampai dengan Agustus 2022 pembayaran menggunakan Qris terus meningkat menandakan bahwa pembayaran QRIS sudah terus diterima oleh masyarakat banyak.

Kelebihan menggunakan QRIS dalam transaksi sehari-hari

  • Lebih cepat dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya QRIS memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi pembayaran dengan cepat karena tidak perlu menunggu lama untuk membayar dengan uang tunai atau menunggu proses pembayaran dengan kartu kredit. Kamu hanya perlu memindai kode QR yang tersedia di aplikasi pembayaran atau mesin EDC untuk melakukan transaksi.

  • Lebih mudah karena tidak perlu membawa uang tunai atau menggunakan kartu kredit Dengan QRIS, kamu tidak perlu membawa uang tunai atau menggunakan kartu kredit lagi saat melakukan transaksi. Kamu hanya perlu menggunakan smartphone dan mengakses aplikasi pembayaran atau mesin EDC untuk melakukan transaksi.

  • Lebih aman karena tidak perlu khawatir tentang kehilangan uang tunai atau risiko pencurian informasi pribadi QRIS lebih aman dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya karena tidak perlu khawatir tentang kehilangan uang tunai atau risiko pencurian informasi pribadi. Informasi pribadi kamu akan terlindungi dengan baik saat melakukan transaksi menggunakan QRIS.

  • Dapat digunakan di manapun Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa melakukan transaksi dengan QRIS jika sedang berada di tempat yang tidak memiliki sambungan internet. QRIS dapat digunakan juga saat kamu tidak terhubung dengan jaringan WiFi atau menggunakan paket data, asalkan kamu memiliki saldo yang cukup di aplikasi QRIS.

Mitos dan fakta tentang QRIS

Mitos Fakta
QRIS tidak aman karena data pribadi terpapar QRIS aman karena tidak menyimpan informasi pribadi pengguna. QRIS hanya menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi, seperti nomor rekening atau nomor kartu kredit. Selain itu, QRIS juga menggunakan enkripsi untuk menjaga keamanan transaksi.
QRIS hanya bisa digunakan di beberapa merchant tertentu QRIS dapat digunakan di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan QRIS, termasuk toko-toko kecil, minimarket, restoran, dan lainnya. Anda dapat mengetahui merchant mana saja yang sudah bekerja sama dengan QRIS dengan membuka aplikasi QRIS dan melihat daftar merchant yang tersedia.
QRIS tidak bisa digunakan jika sinyal internet lemah Anda masih dapat melakukan transaksi dengan QRIS meskipun sinyal internet lemah, asalkan perangkat Anda terhubung dengan jaringan WiFi atau menggunakan paket data. Namun, transaksi dengan QRIS akan lebih cepat dan lebih stabil jika Anda menggunakan jaringan internet yang cukup kuat.

Berapa Biaya Qris?

Biaya yang dikenakan untuk menggunakan QRIS tergantung pada bank atau perusahaan yang menyediakan layanan tersebut.

Beberapa bank atau perusahaan mungkin tidak mengenakan biaya apapun untuk menggunakan QRIS, sedangkan yang lain mungkin mengenakan biaya sebesar 0,5% – 1% dari nilai transaksi.

Kamu bisa mengecek informasi biaya QRIS di website atau aplikasi QRIS yang kamu gunakan. Jika masih ragu, kamu juga bisa menanyakan langsung kepada customer service bank atau perusahaan yang menyediakan layanan QRIS tersebut.

Bagaimana cara menggunakan QRIS dengan sooltanpay

Persyaratan yang diperlukan untuk menggunakan QRIS dengan sooltanpay

Untuk dapat menggunakan QRIS dengan sooltanpay, kamu memerlukan smartphone yang terinstall aplikasi sooltanpay dan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, kamu juga harus memiliki rekening bank yang terdaftar di sooltanpay dan sudah melakukan verifikasi identitas.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan QRIS dengan sooltanpay:

  1. Download dan install aplikasi sooltanpay di smartphone kamu.
  2. Buka aplikasi sooltanpay dan lakukan registrasi dengan memasukkan data diri dan nomor rekening bank yang terdaftar di sooltanpay.
  3. Verifikasi identitas dengan mengirimkan foto atau scan identitas diri yang valid ke sooltanpay.
  4. Setelah verifikasi selesai, kamu dapat memulai menggunakan QRIS dengan sooltanpay.
  5. Pada saat melakukan transaksi, kamu hanya perlu menunjukkan kode QR yang terdapat di aplikasi sooltanpay kepada merchant atau penjual.
  6. Merchant atau penjual akan memindai kode QR tersebut dengan menggunakan mesin EDC atau aplikasi pembayaran yang terhubung dengan sooltanpay.
  7. Setelah transaksi selesai, kamu akan menerima notifikasi pembayaran di aplikasi sooltanpay.

Contoh transaksi menggunakan QRIS dengan sooltanpay

Contoh transaksi belanja di toko Contoh transaksi belanja di toko menggunakan QRIS dengan sooltanpay adalah sebagai berikut:
  • Kamu mengunjungi toko yang menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan QRIS.
  • Kamu memilih barang yang ingin dibeli dan menyampaikan kepada penjual.
  • Penjual akan memberikan total harga yang harus dibayarkan.
  • Kamu membuka aplikasi sooltanpay dan menunjukkan kode QR yang terdapat di aplikasi tersebut kepada penjual.
  • Penjual akan memindai kode QR tersebut dengan menggunakan mesin EDC atau aplikasi pembayaran yang terhubung dengan sooltanpay.
  • Setelah transaksi selesai, kamu akan menerima notifikasi pembayaran di aplikasi sooltanpay.
Contoh transaksi pembayaran tagihan menggunakan QRIS dengan sooltanpay adalah sebagai berikut:
  • Kamu menerima tagihan yang harus dibayarkan dari suatu perusahaan atau instansi.
  • Kamu membuka aplikasi sooltanpay dan memilih menu pembayaran tagihan.
  • Kamu memasukkan nomor tagihan yang tertera pada dokumen tagihan.
  • Sistem akan menampilkan detail tagihan yang harus dibayarkan, termasuk jumlah yang harus dibayarkan.
  • Kamu memverifikasi detail tagihan yang ditampilkan dan menekan tombol bayar untuk melanjutkan transaksi.
  • Setelah transaksi selesai, kamu akan menerima notifikasi pembayaran di aplikasi sooltanpay.

Sejarah singkat sooltanpay

Sooltanpay pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2018.

Perkembangan sooltanpay sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang Sejak pertama kali diperkenalkan, sooltanpay telah mengalami perkembangan yang signifikan dengan menambah jumlah merchant yang terhubung dengan platformnya dan meningkatnya jumlah transaksi yang dilakukan melalui sooltanpay.

Selain itu, sooltanpay juga menambah fitur-fitur baru yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi menggunakan QRIS.

kelebihan sooltanpay
gambar diambil dari screenshoot sooltanpay.id

Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh sooltanpay

  • Fitur-fitur yang memudahkan transaksi menggunakan QRIS Sooltanpay menawarkan beberapa fitur yang memudahkan transaksi menggunakan QRIS, di antaranya adalah:

  • Pembayaran tagihan: Kamu dapat membayar berbagai macam tagihan, seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, dan lainnya dengan menggunakan sooltanpay.

  • Pembayaran online: Kamu dapat melakukan pembelian produk atau jasa online dengan menggunakan sooltanpay.

  • Pembayaran di merchant: Kamu dapat melakukan pembayaran di merchant yang terhubung dengan sooltanpay dengan menunjukkan kode QR yang terdapat di aplikasi sooltanpay.

  • Fitur-fitur keamanan yang ditawarkan oleh sooltanpay untuk melindungi informasi pribadi pengguna Sooltanpay menawarkan beberapa fitur keamanan yang bertujuan untuk melindungi informasi pribadi pengguna, di antaranya adalah:

  • Verifikasi identitas: Kamu harus melakukan verifikasi identitas dengan mengirimkan foto atau scan identitas diri yang valid ke sooltanpay sebelum dapat menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi.

  • Enkripsi data: Sooltanpay menggunakan enkripsi data yang tinggi untuk melindungi informasi pribadi pengguna seperti nomor rekening dan data pribadi lainnya.

Potensi QRIS di masa depan

Kemungkinan penggunaan QRIS di berbagai negara

QRIS memiliki potensi untuk terus berkembang dan diterapkan di berbagai negara. QRIS dapat menjadi salah satu pilihan utama dalam melakukan transaksi keuangan, terutama di negara-negara dengan tingkat penetrasi pembayaran elektronik yang masih rendah.

Peran QRIS dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi sehari-hari

QRIS dapat membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam melakukan transaksi sehari-hari. Dengan QRIS, pengguna tidak perlu membawa uang tunai atau kartu kredit saat akan melakukan pembayaran, sehingga transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan aman. Selain itu, QRIS juga dapat membantu mengurangi dependensi terhadap uang tunai, yang dapat membantu meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam melakukan transaksi.

Kesimpulan

Dengan demikian, QRIS merupakan sistem pembayaran elektronik yang sangat bermanfaat bagi pengguna. QRIS memudahkan transaksi keuangan dengan lebih cepat, mudah, dan aman, serta memiliki potensi untuk terus berkembang di berbagai negara. QRIS juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam melakukan transaksi sehari-hari. Oleh karena itu, tidak salah jika QRIS dianggap sebagai salah satu sistem pembayaran terbaik yang ada saat ini.

  • QRIS merupakan metode pembayaran yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.
  • Sooltanpay merupakan salah satu platform yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan QRIS.
  • Penggunaan QRIS dengan sooltanpay dapat membantu dalam memudahkan transaksi sehari-hari dengan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman.

Daftar Pustaka