Review Moza Mini S dan Test Hasil Footage Video Smartphone Gimbal Murah

Review moza mini S – saya akan bahas harga, spesifikasi dan apa saja yang ada didalam box pembelian? kemudian apa saja kelebihan dan kekuranganya.

  • Harga : +- Rp. 800.000 ( juli 2019 )
  • 1pcs Moza Minis S
  • Carrying Bag
  • Micro-USB Cable Type C
  • Camera Control Cable
  • Mini Tripod

Halo sob, pada review kali ini noviyanto.com akan membawakan sebuah produk dari Gudsen yaitu stabilizer kamera smartphone yang diberi nama Moza Mini S Essesntials. Mau beli? Baca review ini sampai habis.

Produk yang menurut saya sangat rekomendasi banget untuk kamu yang cuma budget sedikit.

Apalagi produk ini bisa di beli cuma dengan harga 800 ribuan aja di toko online lokal. Nanti saya akan berikan link dimana toko saya beli.

Saya juga tidak menyangka akan bisa membeli gimbal secara murah tapi kualitas bisa saya bilang baik.

Dan berikut kenapa Moza Mini S layak kamu bali dan sangat saya rekomendasikan.

Harga yang murah

Harga Moza Mini S cuma 800 ribuan1 jutaan kamu sudah bisa memiliki stabilizer ini.

Hasil video stabil

Bagaimana tidak untuk merekam video menggunakan moza mini S dengan smartphone milik saya yakni Asus Zenfone 3 ZE520KL kestabilan video yang dihasilkan cukup stabil.

Jujur saja tidak sesuai ekpektasi stabilnya tapi sudah sangat mengurangi efek getaran.

…mungkin HP saya perlu ganti.

Pengaturan yang mudah

Menurut saya Moza Mini S dari segi penggunaan dan pengaturan sangat mudah. Tinggal masukan HP ke holder yang telah disediakan, kemudian hidupkan gimbal maka secara otomatis gimbal akan menstabilkan posisi smartphone.

Dan koneksi bluetooh antara HP dan moza mini S sangatlah mudah.

Baca juga : Review Speaker JBL GO 1

Fitur Moza Mini S

Lalu apa saja fitur yang ada didalam stablizer Smartphone ini.

Fitur moza mini s
Photo by : Gudsen

Joystick

Joystick berfungsi untuk menggerakan gimbal. Jadi bisa bergerak naik turuan ataupun kanan-kiri. Sesuai dengan kebutuhan kita.

Focus

Disamping pegangan ada tombol yang berfungsi untuk mengatur focus kita.

Playback/Gallery

Ini berfungsi untuk membuka gallery, untuk melihat hasil rekaman yang di hasilkan dari moza genie app.

.. tapi menurut saya cukup ribet penggunaan gallernya jadi enak buka pakai gallery biasa.

Inception Mode

Tekan 3 kali tombol bawah akan masuk kedalama inception mode.

Mode berputar bisa cari di youtube.

Object Tracking

Object tracking moza mini s
image by Gudsen

Menggunakan aplikasi Moza Genie App kita bisa melakukan object tracking yang menurut saya sangat bagus sekali ketika melakukan tracking pada sebuah object, maka gimbals secara otomatis akan mengikuti object secara real-time mantap deh.

Timelapse

Didalam aplikasi juga disediakan mode pilihan timelapsse yang akan sangat berguna sekali untuk kamu yang suka mengambil video timelapse.

…ada dua mode time-lapse.

Motion time-lapse dan time-lapse photography.

Baterai Moza Mini S

Berapa lama daya tahan baterai si moza ini saat digunakan, secara pengalaman saya tidak lebih dari 5 jam mungkin hanya 3 -4jaman

Lalu berapa lama untuk pengisian baterai moza mini S? Gudsen mengkalim hanya butuh waktu 1 jam 30 menit. Tapi biasanya saya lebihkan lagi. tergantung charge yang digunakan juga sih.

Lampu indikator baterai jika pada saat posisi mengisi daya akan berwarna merah sementara jika sudah penuh maka lampu secara otomatis akan mati.

Lampu indikator baterai memiliki 3 strip

3 Strip baterai sekitar 70-100%
2 Strip Sektar 40-70%
1 Strip dibawah 40%

Moza Genie App untuk Moza Mini S

Gudsen sebagai produsen stabilizer ini telah menyediakan aplikasi camera bernama Moza Genie yang bisa kamu di download di app store untuk iOS dan playstore di android.

Fitur yang ada di dalam moza genie menurut saya udah komplit untuk kelas smartphone.

Baca juga : Review Monitor LG 24MP88HMS

1. Live Mode

Fitur yang menurut saya cocok banget untuk kamu yang suka live di sosial media. Dengan fitur ini kita bisa melakukan live streaming di facebook, youtube ataupun layanan live streaming lainya.

Jujur saya tidak pernah menggunakan fitur ini, jadi tidak tau hasilnya seperti apa.

2. Bluetooth Microphone

Meskipun saya belum pernah menggunakannya tapi saya rasa ini akan sangat berguna untuk kamu yang punya bluetooh microphone.

3. Focus Mode

Didalam focus juga terdapat banyak pilihan focus mana yang bisa kamu pilih.
– Continuous-picture
– Continuous-video
– Macro
– Auto
– Infinity
Jadi kamu bisa ada banyak pilihan focus untuk kebutuhan video kamu.

4. Filter

Aplikasi ini juga menyediakan fitur filter, namun tidak pernah saya pakai, menrut saya kaan mengurangi kualitas warna pada video. Tapi cocok untuk kamu yang suka ambil video menggunakan filter.
– Original
– Beauty
– ColorInvert
– ND

Masih banyak Fitur lainya yang bisa kamu coba-coba di aplikasi moza genie app.

Kekurangan Moza Mini S

Dari semuanya tidak begitu banyak kekurangan gimbal ini Hanya saja dibagian kalibrasi saya rasa cukup sulit untuk melakukan kalibrasi, jadi harap berhati-hati saat melakukan kalibrasi. Karena akan berpengaruh terhadap kinerja gimbal.

Tidak tau baterai penuh atau belum karena pada posisi 70%-100% lampu indikator akan mati. Jadi biasanay saya charge selama mungkin.

.. Motion time lapse big minor, akibat tidak 360 derajat.

Ketika menggunakan moza mini S terdapat mode motion time-lapse. Karena rotator motor tidak dapat berputar 360 derajat penuh mengakibatkan ketika motor berputar dan mentok maka moza mini S akan masuk ke mode sleep secara paksa.

Kesimpulan

Gimbal HP terbaik dan murah ini sangat saya rekomendasikan sekali untuk kamu yang punya budget dibawah 1 juta rupiah. Kestabilan hasil rekaman cukup stabil dibandingkan menggunakan tangan. Aplikasi Moza Genie mendukung banyak fitur yang bisa kita gunakan sewaktu produksi video.

Lalu Apakah moza mini S rekomendasi untuk dibeli ? jawaban saya adalah “IYA” jika budget kamu sudah mentok .

Untuk Hasil video sedang dalam proses pembuatan/belum saya upload.

Jika ada seputar pertanyaan tentang Moza Mini S bisa langsung ditanyakan dikolom komentar.

12 pemikiran pada “Review Moza Mini S dan Test Hasil Footage Video Smartphone Gimbal Murah”

  1. Kenapa ya Moza mini s saya ga bisa object tracking ,udah di pencet tombol object tracking trs di select ,tp Moza nya ga ngikutin object nya ?

    Balas
    • Coba pakai HP yang lainya gan? dan coba pada objek yang cukup jelas kalo misal kedua hal tersebut tidak berfungsi, coba hubungi penjual mengenai hal tersebut

      saya pakai Asus zenfone 3 ze520KL object tracking berfungsi dengan cukup baik

      Balas
  2. Punya saya dipake utk motion timelapse kok suka berhenti sendiri dan gimbal jadi posisi sleep ya? Gak pernah bisa lebih 1,5 menit ngerekamnya.. Malahan kadang cuma hitungan detik. Saya coba pake hp android (vivo9) dan iphone x, sama aja kasusnya.
    Kalo punya mas gimana?

    Balas
    • Halo agan ken sepertinya problem ini sama dengan saya ketika menggunakan mode Motion Time-lapse ini dikarena rator motor tidak 360 derajat mengakibatkan kalo sudah mentok maka secara otomatis gimbal akan force ke mode sleep, saya juga merasa ini menjadi minor untuk moza minis S , akan tetapi ketika menggunakan mode time lapse photography saya tidak mengalami masalah.

      Balas
    • Oh trigger port saya sebutnya, kenapa? karena kalau misal agan mau pakai aplikasi kamera selain bawaan moza, kalau mau ambil foto atau video bisa menggunakan port tersebut yang dihubungan dengan HP melalui jack audio. Jadi nanti dari gimbal tinggal pencet-pencet aja, tapi kurang worth it semisal mau pakai mic eksternal, jadi harus pakai aplikasi bawaan.

      Balas

Tinggalkan komentar