Cara Membuat Toko Online WordPress, Mudah dan cepat!

Cara Membuat Toko Online WordPress, Mudah dan cepat!

Sudah tahukah kamu bahwa WordPress tidak hanya sekedar alat untuk membuat blog atau website, akan tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah Kamu dapat membuat website untuk toko online, namun sebelum itu bagaimana cara membuat toko online wordpress?

Kamu dapat memakai wordpress untuk menghasilkan website toko online, tidak hanya itu Kamu bahkan dapat menggunakan berbagai fitur toko online dengan kelengkapan standar profesional dari wordpress. Untuk pemula, tak perlu khawatir karena wordpress memiliki sistem keamanan yang baik.

Cara Membuat Toko Online WordPress via WooCommerce

Sebelum memulai cara membuat toko online di wordpress, terlebih dahulu Kamu harus paham tentang apa yang disebut dengan wordpress itu. WordPress merupakan salah satu sistem dari Content Management System (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat website, selain wordpress ada pula blogspot.

WordPress menjadi pilihan ideal bagi Kamu yang baru pertama kali membuat website. Platform CMS jenis ini memiliki skalabilitas cukup baik untuk website dengan traffic rendah atau menengah keatas. WordPress juga banyak digunakan oleg website terkenal hlo, seperti TIME, Magazine, CNN, TED, Techrunch, NBC dan lain sebagainya.

Dalam membuat toko online menggunakan wordpress, hal pertama yang Kamu perlukan adalah memiliki plugin untuk menjadikan wordpress berfungsi sebagai toko online. Ketika Kamu pertama kali menginstal atau menggunakan wordpress maka management system itu hanya dapat digunakan untuk blogging atau website biasa.

Terdapat 3 hal penting yang perlu Kamu perhatian dalam mempersiapkan bahan untuk membuat toko online wordpress, ketiga poin ini merupakan bahan dasar untuk Kamu jika ingin membuat toko online wordpress, berikut tiga bahan yang harus Kamu persiapkan.

  • Mempersiapkan Nama Domain dan Hosting

Untuk membuat sebuah toko online tentu harus memiliki nama domain yang tentunya sesuai dengan jenis bisnis dan produk yang Kamu jual. Nama domain menjadi sangat penting karena ini berhubungan langsung dengan identitas bisnis Kamu di internet. Perlu diingat, jangan sembarang memilih nama domain.

Kamu juga perlu mempersiapkan hosting untuk tempat menyimpan data base toko online milikmu nanti. Sebaiknya, Kamu menggunakan jasa hosting yang memiliki reputasi baik agar toko online dapat beroperasi dengan maksimal.

  • Instal WordPress

Keuntungan yang Kamu dapatkan jika menggunakan wordpress adalah memiliki banyak tema yang bisa dipakai untuk toko onlin yang Kamu buat nanti. Selain gratis terdapat pula tema berbayar tapi cenderung murah, tampilannya pun menarik dan profesional.

Sekadar rekomendasi, karena ini berkaitan dengan bisnis yang Kamu bangun ada baiknya Kamu menginvestasikan uang untuk membeli tema. Dalam berbisnis tentu kita akan mengeluarkan uang untuk modal, namun dari modal dan kerja keras serta kreatifitas itu Kamu akan mendapat hasil yang setimpal.

  • Instal Plugin WooCommerce

Dalam mendukung performa toko online milik Kamu agar memiliki progres yang baik, Kamu harus menginstal plugin. Plugin ini berguna sebagai alat yang digunakan untuk berjualan di toko online, salah satu plugin yang banyak digunakan dan diandalkan oleh pebisnis online adalah WooCommerce.

Salah satu plugin yang tersedia dapat dapat digunakan membuat toko online dengan wordpress adalah WooCommerce. Meskipun banyak plugin yang dapat Kamu gunakan, woocommerce memiliki banyak kelebihan dan kemudahan buat Kamu yang pertama kali membuat toko online melalui wordpress.

Kenapa memilih WooCommerce? apa saja kelebihan yang didapat para pengguna khusunya para pemula? pertama plugin e-commerce ini gratis, artinya bisa Kamu dapatkan tanpa membayar atau membeli. Perlu diketahui, plugin ini merupakan yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pengguna.

Salah satu buktinya, menurut BuiltWith pada Desember 2016 WooCommerce digunakan lebih dari 42 persen oleh semua toko online yang ada di seluruh dunia. Menyusul hal itu, pengembang WooCommerce berkomitmen untuk menjaga plugin agar selalu mendapatkan update atau pembaharuan fitur-fitur baru.

Langkah-langkah Membuat Toko Online WordPress

1. Instal Plugin WooCommerce

  1. Masuk ke ruang dashboard WordPress milik Kamu, pilih Plugin dan klik Tambah Baru.
  2. Ketikkan WooCommerce pada kolom kata kunci.
  3. Instal WooCommerce, tunggu beberapa saat hingga muncul ‘Aktifkan‘.
  4. Jangan langsung dklik ‘aktifkan’, baiknya ubah dulu bahasa woocommerce menjadi bahasa Indonesia.
  5. Klik Let’s Go, secara otomatis Kamu akan masuk ke halaman ‘Page Setup’ yang berisi fitur ‘Toko, Keranjang, Checkout dan MyAccount’.
  6. Kamu bisa melewati langkah itu jika ingin membuat sendiri halaman dengan mengklik ‘Lewati Langkah Ini’, kalau setuju klik ‘Lanjutkan’.
  7. Setelah itu akan masuk ke bagian ‘Store Locale Setup’, Kamu bisa mengisinya dengan lokasi, mata uang dan data yang akan Kamu gunakan di toko online milikmu.
  8. Kemudian memasuki bagian ‘Shipping $ Tax Setup’, woocommerce dapat untuk menjual produk dalam bentuk barang fisik maupun file digital.
  9. Perlu dketahui bahwa woocommerce dapat membantu kamu menghitung pajak dari barang yang dijual dan menambah pajak yang kamu jual.
  10. Klik ‘Lanjutkan’, pada bagian ini Kamu akan masuk ke fitur ‘Pembayaran’.
  11. Woocommerce memberikan banyak pilihan metode pembayaran.
  12. Disarankan, memilih metode Bank Transfer karena PayPal belum mendukung mata uang Rupiah sebagai pembayaran.
  13. Selesai, klik ‘Buat Produk Pertama Anda’, kamu akan memasukkan produk yang akan dijual di toko.
  14. Sebelum menambahkan produk, terdapat beberapa pengaturan tambahan yang harus Kamu isi melalui dashboard WooCommerce.
  15. Masuk ke menu WooCommnerce, klik pengaturan, tab pada General.
  16. Fitur ini mengatur kemana target pasar Kamu, ke seluruh dunia, ke suatu negara atau hanya ke dalam negeri.
  17. Klik ‘Pengiriman’, ini menentukan metode pengeriman melalui jasa, seperti JNE, TIKI, POS dan lain sebagainya.
  18. Untuk metode Pengriman dan perhitungan ongkos kirim, kamu harus menambahkan add on plugin yang dapat menghitung ongkir. (Add on ini tidak disediakan woocommerce)
  19. Masuk ke bagian CheckOut, ini mengharuskan Kamu mengatur metode pembayaran menggunakan Transfer Bank.
  20. Pilih Add Acount masukan nama bank dan nomor rekening, ketika pembeli selesai mengunjungi toko online Kamu, maka nama bank dan nomor rekening milik Kamu akan muncul di halaman ini.
  21. Selanjutnya klik Email, fitur ini membuat Kamu dapat mengatur dan mengisi email yang akan dikirim ke pengunjung.

2. Menambahkan Produk Jual ke Toko Online

  1. Masuk ke menu Produk klik Add Product, isi judul dengan nama barang yang akan dijual lalu beri deskripsi terkait barang tersebut.
  2. Pilih kategori produk, pastikan barang yang Kamu jual masuk pada kategori apa, Kamu juga dapat membuat kategori baru di Add New Category.
  3. Lihat ke bawah temukan tabel Product Data, isi dengan harga barang, stok dan data lainnya.
  4. Temukan tabel Product Short Description, isi deskripsi singkat tentang barang.
  5. Lihat sudut kanan bawah, Product Image, ini berfungsi menambahkan gambar pada produk yang dijual.
  6. Jika sudah mantap klik ‘Terbitkan’.

3. Memilih Tema WordPress

  1. Masuk menu Tampilan klik Tema.
  2. Pilih tema yang menarik sesuai dengan selera Kamu.

Selesai! Kamu sudah memiliki website toko online wordpress yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis milik Kamu. Cara membuat toko online wordpress mudah kan? meskipun Kamu harus sangat memperhatikan detail-detail kecil karena website ini memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik, tentu sangat sayang jika disalahgunakan.

Sharing is caring!

Tinggalkan komentar