Melalui tulisan ingin saya sampaikan keluhan kepada Indosat Ooredoo mengenai masalah paket internet freedom combo yang lemot. Kecewa ketika mengetahui kalo paket freedom combo sekarang memiliki batasa pemakain wajar seperti unlimited. Entah apa yang di pikirkan oleh product manager dari Indosat, untuk apa di adakanya freedom combo kalau sistemnya sama dengan paket unlimited. Saya paham paket unlimited jika sudah melewati batas pemakai wajar akan mengalami penurunan speed. Tapi tidak tau kenapa kenapa sistem unlimited ini diterapkan di paket yang tidak unlimited alias memiliki kuota internet. Kenapa ? Harus ada pembatasan untuk pengguna kuota. Saya beli mahal paket freedom XXL seharga Rp.200.000,- kenapa saya beli paket itu, seberanya untuk menghindari pembatasan seperti paket unlimited. Sebelumnya saya langganan ini paket tidak pernah ada pembatasan pemakain tiap harinya. Namun bulan November ini saya merasa KECEWA sekali dengan Indosat, ternyata freedom combo sekarang menerapkan pembatasan pemakaian normal seperti paket unlimited. Prioritas saya memberli paket freedom combo XXL ataupun Freedom internet adalah untuk menghindai pembatasan kecepatan. Karena pekerjaan saya tergantung internet yang cepat.

 

GILA Kecepatan turun sampai 30kb/s

 

Gambar donwload berupa kb/s

Sepertinya operator Indosat hanya memakan gaji buta, setiap laporan yang di laporkan seperti tidak adan tidak lanjut baik melalui 185, twitter ataupun email. Dan saya baca di beberapa artikel dan forum banyak sekali yang mengalami hal yang sama internet lemot di batasi, jaringan yang “busuk” .

Ketika saya menelpon 185 pun terasa sulit, karena tiba-tiba telepon di putus . Akhirnya saya akali dengan cara menekan 22222 atau 21111 setelah ada nada operator sistem bicara baru bisa tersambung.  Kemudian saya menanyakan perihal kenapa internet lemot operator menjawab karena saya sudah menggunakan pemakaian dari batas normal dan ketika saya tanya berapa batasa pemakainya mereka bilang itu adalah rahasia intern, what ? Saya customer loh masak tidak boleh tau batas pemakaianya . Saya ingin mengeluarkan kata-kata mutiara tapi tak sampai. Lalu apa bedanya dengan paket unlimited kalau begini.

Saya sangat menghargai apa yang menjadi peraturan Indosat namun sangat di sayangkan atau tidak dipikirkan kecepatan internet diturunkan hingga 30kb/s . Dengan pekerjaan saya yang membutuhkan internet cepat, 30kb/s adalah kecepatan di jaman Edge . Seakan Indosat membatasi dan melempar pengguna ke jaman “BATU” . Ini tidak adil sama sekali mungkin kesalahan sistem ,saya rasa ingin memberikan masukan jika saja pembatasan di turunkan 300kb/s atau lebih tinggi bukan 30kb/s. 300kb/s Lebih adalah yang wajar standard untuk kegiatan browsing dan bermain game.

UPDATE 1 : Operator memberikan solusi akan mengoptimalkan jaringan kemudian saya mendapatkan SMS yang intinya bahwa jaringan saya telah di optimal dan saya di suruh restart HP . Operator selalu memberikan jawaban yang sama kepada saya yaitu pengotimalan jaringan. Yang nyatanya tidak mempengaruhi kecepatan padaha selama 3 hari berturut-turut saya menyampaikan laporan yang sama.

UPDATE 2 : Internet masih lemot walau sudah di reset batas normal pemakainya. Operator  bilang jam 00.01 Akan ada reset pemakaian kuota tapi nyatanya kecepatan dibawah 30KB/s di jaringan 4G LTE Indosat . Dan jawaban masih sama ( UPDATE 1 ).

Jika kalian merasakan apa yang saya rasakan silahkan share artikel ini dan tag Indosat Ooredoo supaya mereka tau seburuk apa sistem mereka.

Published by noviyanto

Melakukan hal yang disukai. Berusaha membangun sesuatu yang berbeda, dan terus melakukan hal-hal baik untuk kebaikan yang lainya. Bekerja sebagai freelancer menerima berbagai project pembuatan website,logo,design atau apapun yang bisa saya lakukan di www.noviyanto.com

Join the Conversation

5 Comments

  1. Sama gan saya juga ngalami kayak gini…pihak CS dmintai penjelasan malah beekelit….

    1. Ya begitulah saya hampir menghabiskan banyak pulsa hanya untuk laporan yang nyatanya gak ada perubahan ..

  2. Sama gan, saya juga pakai paket freedom combo XXL dan saya telpon pihak CS nya. saya baru tahu sekarang Freedom Combo ada batas pemakaian wajar. Padahal Kuotanya masih banyak banget.. Saya malah ditawakan paket internet yang lainnya. Customer merasa dirugikan kalau seperti ini.

    1. Entahlah hal ini sudah lama namun sepertinya operator satu ini memanv peduli secara non teknis, tapi secada teknis NOL besar ..

  3. Willy Sugiarto says:

    Baru kerasa kamis tgl 6 des 2018 kmaren inet lemotttttt banget barusan ini tgl 10 des 2018 jam 00.28 aq telp operator mereka bilang diberlakukan pembatasan pemakaian wajar… akhirnya disuruh pakai freedom internet??? Hello trus bayar mahal sisa kuota banyak diapain?? Parah ini gan… setuju saya ama ente

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *