Halo JNE, Barang Tidak Sampai Berujung Hilang Sementara

Halo JNE, Barang Tidak Sampai Berujung Hilang Sementara

Halo sob, balikan lagi nih sama saya, kali ini noviyanto.com bakalan bahas tentang kenapa kok barang yang dikirim oleh JNE tidak kunjung sampai atau stuck di satu tempat.

Ini berdasarkan pengalaman saya ketika barang saya stuck (Macet) di Jakarta selama 1 Minggu lebih ( 8 Hari ), kok barang saya belum sampai. Dan karena saya sudah gelisah, gundah, merana 🙂 . Saya coba untuk menghubungi Customer Service JNE melalui email dan telepon.

Ada beberapa kemungkinan kenapa barang kamu tidak kunjung sampai.

  • Yang pertama gudang sedang overload, atau terlalu banyak barang yang masuk. Bisa kita bayangkan, ini memang bukan pekerjaan yang mudah bagi sebuah jasa pengiriman.
  • Alamat kamu tidak tercantum dengan lengkap. Tapi ini saya belum mengalami hal ini sih.
  • Hari Libur.
  • Human error.
  • Barang hilang ( Barang sampai setelah dilakukan investigasi oleh pihak JNE, lengkapnya ada dibagian UPDATE dibawah )

Cerita Singkat kenapa barang tidak kunjung sampai dan kemdudian Hilang

Ini berawal dari ketika saya membeli sebuah barang dari toko online Shopee, dan barang dikirim dari luar negri ( China ). Saya cek pengiriman dari luar negri menuju Indonesia cuma 2 hari dan pengiriman mulai dari penjual sampai ke Indonesia adalah 7 hari. Sangat cepat menurut saya untuk pengiriman dari luar negri.

Setelah sampai Indonesia barang dilanjutkan dikirim melalui JNE REG dan masuk per tanggal 29 Juni 2019 akan tetapi barang stuck di Jakarta selama 1 minggu lebih yakni sampai tanggal 7 Juli 2019 tidak ada pergerakan sama sekali. Karena saya terbiasa menerima barang 3-4 Hari, akhirnya saya coba menghubungi pihak JNE.

Disini ada 3 Cara untuk komplain ke JNE

  • Melalui email : customercare@jne.co.id
  • Melalui Telepon : (021) 2927 8888
  • Datang ke kantor pusat/cabang.

Lapor melalui email dan telepon.

Kemudian bagaimana saya melaporkan keluhan saya melalui email.

Saya membuat subject email dengan judul : Lapor No.Resi : ( Masukan No.Resi ) Stuck Di Jakarta ( Sesuaikan dengan keluhan anda )

contoh : Lapor No.Resi : 0101234567788 Barang Stuck Di Jakarta

Setelah itu isi format email saya sepert ini

Halo JNE,
Saya ingin informasi barang yang stuck selama 1 minggu di Jakarta.

Nama : Noviyanto
No. Resi : 0101234567788
Alamat : Jl.dua, RT1/RW1 kelurahan jatibarang, kecamatan mijen, kota Semarang, 50123
Barang : Barang berupa sepatu bola, di beli dari shopee.

Mohon informasi tentang status barang yang stuck tersebut, Terima kasih.

Sesuaikan saja dengan apa yang kamu keluhkan atau inginkan informasi.

Setelah mengirim email saya bergegas melakukan pelaporan melalui telpon Customer Service JNE di (021) 2927 8888. Kebetulan ada bonus telpon jadi sekalian saja.

Lapor lewat Telepon

Nanti akan di jawab mesin penjawab terlebih dahulu sebelum terhubung dengan customer service. Nanti kamu bisa pilih bagian “Keluhan”, secara otomatis akan terhubung dengan CS.

Setelah itu informasikan apa yang anda keluhkan, kalau saya adalah barang yang stuck dan tidak ada pergerakan. Nanti dari CS akan menanyakan nama, nomor resi, barang yang ada didalam paket. Setelah itu CS berkata akan dibuatkan laporan.

Dan saya harus menunggu lagi sekitar 2-4 hari, wah lama sekali ya. Padahal barang tersebut harusnya sudah saya pakai. Jadi berantakan deh rencana barang harusnya dipakai secepatnya malah harus menunggu lama.

Update

Update 1 : Selama 2 hari setelah melakukan komplain ternyata belum ada perubahan status pengiriman dan masih sama. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menelpon lagi melalui Customer Service JNE. Dan CS bilang barang sudah di cek 2 hari yang lalu dan barang sedang di kirim ke kota tujuan ( Semarang ).

Upadate 2 : Setelah 4 hari menunggu tepatnya 9 juli 2019 saya mendapatkan SMS sekitar jam 18.36WIB untuk menghubungi CS untuk konfirmasi barang yang sedang dikirim dari tanggal 29 Juli 2019. Saya kaget setelah pihak CS mengecek barang dan dari CS JNE memberitahukan dengan berat hati barang yang sedang dikirim JNE HILANG.

Update 3 : Tanggal 11 Juli, rekan saya yang kebetulan bekerja sebagai kurir memberitahukan kalau barang yang hilang tersebut sudah di bawa dia dan siap dikirim ke rumah saya. Dan akhirnya barang sampai setelah dilakukan investigasi oleh pihak JNE. Dan teman saya bilang gudang di Semarang sedang overload, sementara status barang saya masih di Jakarta, mungkin belum terupdate datanya atau bagaimana juga saya tidak tau.

Cukup kaget karena 2 hari yang lalu CS bilang barang sedang menuju kota tujuan dan 2 hari kemudian barang hilang .Dan saya harus mengirim berkas-berkas untuk claim jika barnag ingin ditemukan dan investigasi katanya, ah ribet. Itu harusnya sudah tanggung jawab JNE.

Karena barang yang saya beli sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) pada akhirnya saya tidak mengirim berkas lebih baik melakukan pembelian ulang. Lagi pula belum tentu claim yang saya lakukan juga akan cepat, cukup bermanfaat juga melakukan pembayaran dengan cara COD.

Kesimpulan

Jadi mengapa barang saya yang dikirim JNE tidak kunjung sampai. Kemungkinan barang yang dikirim masih digudang dikarenakan overload. Atau mungkin alamat yang dicantumkan tidak lengkap, padahal saya memberikanya sangat detail. Hari libur, saya rasa tidak karena tidak ada libur nasional selain hari minggu. Atau mungkin ini adalah efek human error. Atau bisa jadi barang hilang.

Tips: Jika melakukan pembelian online dan ada sistem pembayaran COD mungkin bisa dipilih. Akan sangat berguna jika barang yang sedang dikirim hilang, jadi kita tidak perlu claim barang tersebut.

Kemudian untuk ke kantor cabang tidak saya lakukan karena barang masih di Jakarta, kecuali barang sudah di kota tujuan baru saya ke kantor cabang tujuan.

Jika sekiranya barang kamu tidak sampai sesuai dengan ketentuan, bisa mencoba melaporkan keluhan kamu melalui email, telepon atau dengan mendatangi kantor pusata/cabang.

Semisal tidak ada waktu bisa melalui telepon agar prose komplain cepat dilakukan.

Artikel ini dibuat setelah melakukan pelaporan, jadi estimasi menunggu 2-4 hari lagi akan saya update lagi. Artikel sudah saya update setelah 2 hari dari masa komplain ada di bagian update 1.

Setelah komplain ke dua kali saya mendapatkan informasi yang bikin saya kaget, bisa di cek di bagian update 2.

Barang terkirim sampai ruma baca update 3.

Jika kamu mersakan hal yang sama, bisa ceritakan pengalamanu di kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar