Fasilitas Parkir & JPO Di Pandaran, Kota Semarang

Fasilitas Parkir & JPO Di Pandaran, Kota Semarang

Pemerintah kota Semarang kian serius menggarap fasilitas umum. Ini di tandai dengan pembangunan tempat parkir sekaligus Jembatan Penyebrangan Orang ( JPO ) di kawasan pusat oleh-oleh khas semarang pandanaran.

Rencanya tempat parkir akan langsung terhubung dengan JPO sehingga mempermudah pengujung menuju pusat oleh-oleh yang berada di tengah kota.

Bukan tanpa alasan tempat parkir dan JPO di bangun.

Karena berada di tengah kota yang notabenya kawasan yang padat lalu lintas ini dikarenakan banyaknya perkantoran, hotel, dan pusat oleh-oleh di daerah tersebut membuat lalu lintas sering tersendat. Ini di akibatkan oleh tidak adanya lahan parkir ang luas untuk pengujung yang ingin membeli jajanan khas Semarang. Ini yang sering menyebabkan kendaran tersendat dari arah simpang lima menuju tugu muda.

Apalagi jika jam pulang kerja, kemacetan akan bertambah parah. Saya sering merasakan jadi harus memutar agar tidak terjeba macet di daerah tersebut.

Jembatan Penyebarangan orang pandanaran kota semarang
Pembangunan Jembatan Penyebarangan orang di pandanaran kota semarang

Salah satu solusi pemerintah adalah dengan membangun tempat parkir sekaligus JPO yang menuju seputaran kawasan pandanaran. Sehingga pengujung lebih di permudah dalah akses kedalam pusat oleh-oleh khas Semarang. Dan lahan parkir ini bisa di gunakan karyawan yang berkerja di wilayah tersebut.

Lalu masalah apalagi yang akan di hadapi ketika tempat parkir dan JPO sudah jadi.

Saya pikir adalah biaya parkir dan akses untuk penyadang disabilitas.

Biaya parkir adalah hal krusial dalam kenyamanan pengujung, saya berharap tarif parkir akan bersahabat dengan pengujung dan pengguna lainya. Kemudian akses untuk penyandang disabilitas harus perhatikan fasilitasnya agar mereka juga dapat merasakan fasilitas yang ada.

Kebersihan dan kreativitas, saya juga bergarap nanti di JPO setiap berapa meter di berikan tong sampah kemudian desain interior di buat semenarik mungkin. Kalo bisa di buat desain yang cocok untuk foto-foto sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata dalam kota.

Keamanan, Kemudian keamanan juga menjadi prioritas. Mulai dari petugas jaga saat keramain dan penerangan sekaligus juga CCTV yang canggih.

Budaya merawat, biasanya fasilitas umum di negara kita sering dibuat vandalisme, ini adalah juga menjadi tantangan yang nantinya harus di hadapi ketika fasilitas sudah jadi. Peran masyarakat sangat di perlukan dalam hal ini.

Kesimpulan:

Semoga fasilitas ini bermanfaat untuk wisatawan dan warga kota semarang. Dan menjadi solusi yang handal dalam mengatasi kemacetan di kawasan penadanaran.

Sharing is caring!

Tinggalkan komentar