Menjadi Programmer Bukan Sesuatu yang sulit, pelajari secara otodidak bisa

Menjadi Programmer Bukan Sesuatu yang sulit, pelajari secara otodidak bisa

Apa dan siapa itu programmer?

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau skill menulis dan merancang kode program-program (syntax) komputer menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer (C++,java, php, javascript dll).

Sebelum Anda berkomitmen untuk menjadi programmer , Anda perlu memahami apa peran yang akan anda ambil sebagai programmer.

Lalu apa yang harus di lakukan pertama kali sebagai calon programmer?

Apakah karena Anda menginginkan pekerjaan sebagai programmer yang handal , dan ingin bekerja perusahaan dengan bergaji tinggi?

Anda juga harus memahami apa pekerjaan yang di lakukan oleh seorang programmer.

Pada dasarnya, seorang programmer adalah seseorang yang menulis sebua kode yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan sesuai keinginan programmer. Maka dari itu kita harus tau apa itu bahasa pemrograman.

Bahasa Pemograman

Photo by Fabian Grohs on Unsplash
Photo by Fabian Grohs on Unsplash

Bahasa pemrograman, atau sebutan lainya bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah perintah standar untuk memerintah sebuah komputer.

Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. ( wikipedia )

CONTOH

Dalam Sebuah kasus seorang software Developer, mereka membuat sebah konsep atau alur dan menulis kode yang akan memberi perintah kepada komputer bagaimana menjalankan konsep/alur yang sudah di tentukan.

Contoh seperti Web Developer, mereka membuat desain situs web yang diusulkan dan membangunnya dengan menulis kode yang diperintahkan.

Dalam kebanyakan kasus, seorang programmer komputer ketika sedang membangun atau menciptakan sesuatu program berdasarkan parameter desain orang lain. Namun, ada beberapa programmer yang merancang program mereka sendiri, jadi ini selalu menjadi pilihan jika Anda orang yang berjiwa wirausaha!

Mempelajari pemrograman itu sulit, saya tidak akan berbohong.

Namun, ketika Anda membandingkannya dengan keterampilan dan jalur karier lain, menjadi seorang programmer akan menjadi salah satu pilihan termudah yang Anda buat!

  • Pekerjaan Programmer adalah sebuah bidang yang sangat menarik di mana setiap hari membawa tantangan dan pengetahuan baru.
  • Programer memiliki kesempatan untuk bekerja untuk diri mereka sendiri, untuk bekerja berapa pun jam yang mereka inginkan, dan untuk bekerja dari rumah jika mereka mau ( Freelance )
  • Pemrograman sangat mudah dipelajari jika dibandingkan dengan keterampilan lain yang dapat memakan waktu tiga tahun atau lebih di universitas. Tentu, Anda bisa menghabiskan beberapa tahun belajar pemrograman di universitas terbaik, tetapi anda juga bisa belajar secara online atau saat ini ada bootcamp khusus untuk anda yang ingin menjadi programmer.
  • Anda bisa belajar menjadi programmer secara otodika, saat ini banyak sekali website ataupun artikel yang membahas bagaimana menjadi seorang programmer dengan belajar secara otodidak.

Langkah 1: Pahami Mengapa Anda Ingin Menjadi Programmer

Yang pertama, tentukan salah satu langkah paling penting untuk menjadi programmer yang hebat ini untuk mengidentifikasi alasan Anda untuk memulai memberi perintah kepada komputer.

Mengapa Anda ingin belajar programmer?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum melangkah lebih jauh. Apakah Anda ingin mengubahnya menjadi karier? Apakah Anda memiliki proyek atau konsep yang ingin Anda wujudkan sendiri? Atau apakah Anda hanya ingin belajar bagaimana menjadi seorang programmer karena itu adalah sesuatu yang ‘keren’ saat ini? Jawab dengan jujur, karena bahasa pemrograman yang Anda pilih untuk belajar akan tergantung pada jawaban Anda untuk pertanyaan ini.

Apa yang ingin Anda lakukan dengan pengetahuan baru Anda?

Sekali lagi, Anda perlu mengidentifikasi apa yang ingin Anda lakukan dengan pengetahuan pemrograman. Misalnya, kursus yang perlu Anda ambil dan bahasa pemrograman yang perlu Anda pelajari jika Anda ingin menjadi seorang pengembang perangkat lunak ( Software Developer ).

Apakah Anda serius ingin menjadi seorang programmer?

Ini pertanyaan yang sangat penting untuk diajukan. Apakah Anda benar-benar serius belajar bagaimana menjadi programmer yang baik dan mendapatkan pekerjaan, atau hanya sekedar iseng saja? Jika Anda serius, maka Anda harus dapat mengalokasikan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari keterampilan pemrograman sehingga Anda dapat mulai bekerja secepatnya!

Bahasa Pemrogramman apa yang ingin anda pelajari?

Anda harus memikirkan dengan seksama tentang jenis pemrograman apa yang ingin pelajari dan bidang apa yang ingin Anda masuki. Apakah Anda ingin menjadi programmer web ? seorang Software Engineer? Atau apakah Anda ingin mengerjakan sesuatu seperti kecerdasan buatan (AI) atau teknologi baru lainnya? Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu membentuk jalur pembelajaran yang Anda ambil, jadi jujurlah pada diri sendiri.

Langkah 2: Tentukan Bidang Apa Yang Ingin Anda Tuju

Ada berbagai jenis pemrograman. Ketika Anda mencari tahu cara belajar pemrograman, Anda harus berpikir dengan sangat hati-hati tentang bidang apa yang Anda rencanakan untuk mencari pekerjaan. Beberapa jenis pekarjaan programmer yang paling populer meliputi:

Web developers

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

Mobile app development

Hampir sama halnya dengan web developers hanya saja seorang Mobile app development mereka lebih terfokus untuk mengembangkan aplikasi di smartphone android atau iOS. Sebagain contoh seperti aplikasi GO-JEK , GRAB, BUKALAPAK, TOKOPEDIA, SHOPEE hanya saja dalam bentuk aplikasi mobile.

Game Developers

Sama halnya dengan kedua pekerjaan di atas, hanya saja game developers adalah seorang ahli yang berofokus dalam pembuatan game. Entah itu game console, komputer ataupun mobile.

Data Science

Data science adalah penggalian atau juga bisa disebut mengekstrak suatu data agar bisa difilter dan ditemukan data yang benar adanya agar bisa menghasilkan produk data yang sebenarnya. Belum banyak orang yang tahu bahwa Data Science adalah suatu hal yang bisa dipekerjakan dan jika bekerja di dunia tersebut menghasilkan uang yang cukup. Akan tetapi, agar bisa bekerja di dunia tersebut, Anda harus mempunyai keahlian khusus di bidang pemrograman data dan juga ilmu eksak, seperti matematika dan statistik agar bisa menyaring data dengan cara yang cepat. (pintaria.com)

Database Administrator

eorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain, pelaksanaan, pemeliharaan dan perbaikan database organisasi. Mereka juga dikenal dengan Database Programmer, dan terkait erat dengan Database Analyst, Database Modeler, Programmer Analyst, dan Systems Manager. Peran mencakup pengembangan dan desain database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan perluasan di masa depan. Mereka mungkin juga merencanakan, mengkoordinasi dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database.

Langkah 3: Belajar Bahasa Pemrograman

Mulai menentukan bahasa pemrogramman apa yang sesuai dengan pekerjaan anda, disini saya akan memberikan beberapa bahassa pemrogramman yang populer di gunakan saat ini.

Bahasa Pemrogramman PHP

PHP merupakan singkatan dari kata Hypertext Preprocessor , bahasa pemrograman berbasis web yang memiliki kemampuan mengolah dan memproses data secara dinamis . Bahasa pemrograman PHP hanya dapat berjalan di server saja (server-side) dan menghasilkan tampilan tertentu pada web browser client berbentuk bahasa pemrograman HTML biasa .

Dengan kata lain PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki bahasa multi fungsi , kita dapat membuat suatu website yang dinamis tanpa harus takut untuk terlihat orang lain pemrograman asli yang sudah kita bangun 

Belajar HTML dan CSS

Apa itu HTML ?

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web statis ataupun dinamis, serta menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah mesin penjelajah ( google, bing, duckduckgo ) di web browser dan pemformatan hypertext yang sederhana yang ditulis dalam berkas yang memiliki format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. ( wikipedia )

Lalu apa itu CSS?

CSS adalah kepanjangan dari “Cascading Style Sheets“. Yaitu, bahasa yang digunakan untuk memberi sentuhan gaya atau corak tampilan (style) pada sebuah element atau struktur halaman web yang dibuat oleh HTML. Gampangnya HTML ada rumah tanpa cat dan tanpa dekorasi dan CSS adalah sebuah cat dan dekorasi untuk mempercatik HTML.

Bahasa Pemrograman JavaScript

Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis. Javascript adalah jenis bahasa pemrograman client side. Penggunaan kode javascript pada sebuah website bersifat opsional, artinya tidak harus selalu ada. Namun, website-website maupun blog modern saat ini hampir semuanya menggunakan kode javascript. Namun saat ini javascript tidak hanya sebagai client side tapi juga bisa sebagai server-side. Contoh NodeJS,ExpressJS dan lainya.

Bahasa Pemrograman JAVA

java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam atau Smartphone ( Android).

Bahasa Pemrograman SWIFT

Swift adalah bahasa pemrograman objek fungsional untuk pengembangan iOS dan OS X yang dibuat oleh Apple. Didesain untuk berdampingan dengan Objective-C dan menghindari program dari kode yang salah. Swift diperkenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC 2014.

Bahasa Pemrograman Ruby

Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.

Bahasa Pemrograman GO

Bahasa pemrograman Go atau biasa disebut dengan Golang merupakan salah satu bahasa pemrograman baru yang dapat dipelajari di tahun 2016 ini. Kelebihan bahasa pemrograman Go dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembuat program untuk mempelajarinya dan bahkan mengaplikasikannya dalam mengembangkan sebuah program.

Sebenarnya masih banyak lagi, hanya saja daftar bahasa pemrograman yang ada di atas adalah yang paling banyak di gunakan saat ini dan paling dicari.

Langkah 4: Berlatih, Berlatih & Berlatih Secara Terus Menerus

Jadi Anda sudah tahu cara menjadi seorang programmer? Nah, ini sedikit rahasia umum untuk Anda: Anda harus berlatih. Anda harus banyak berlatih secara terus menerus.

Seperti halnya pisau jika tidak di asah tidak akan tajam.

Langkah 5: Mulai Membuat Portofolio Anda

Anda wajib memiliki portofolio karena ketika anda akan melamar kerja, apalagi sebagai programmer portofolio adalah syarat wajib bagi seorang HRD untuk menentukan apakah anda layak bekerja di posisi tersebut atau tidak.

Jadi buatlah sebuah portofolio yang menarik dan dapat meyakikan perekrut di perusahaan tersebut.

Langkah 6: Melamar Pekerjaan

Jika anda sudah yakin akan kemampuan anda, ini saatnya anda untuk melamar kerjake perusahaan yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki saat ini.

Langkah 7: Jangan Pernah Berhenti Belajar!

Dunia pemrogramman akan selalu berkembang setiap harinya, jadi jangan pernah berhenti belajar hal baru yang sekiranya hal tersebut akan menaikan kemampuan anda sebagai programmer.

Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menjadi seorang programmer yang handa atau menjadi seorang programmer yang mampu menyelesaikan permasalah di setiap aktivita manusia saat ini. Mungkin artikel ini tidak lah lengkap saya mohon maaf kepada anda. Jika ada masukan terhadapa artikel ini silahkan kirimkan komentar anda di bawah.

Sharing is caring!

2 pemikiran pada “Menjadi Programmer Bukan Sesuatu yang sulit, pelajari secara otodidak bisa”

Tinggalkan komentar