Cara Menghasilkan Uang dari Blog : Iklan, Afiliasi, Jasa, Jualan

Cara Menghasilkan Uang dari Blog : Iklan, Afiliasi, Jasa, Jualan

Perkembangan dunia digital ternyata juga membawa banyak dampak positif bagi kawula muda hingga tua mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu mendapatkan uang dari memanfaatkan perkembangan teknologi adalah ngeblog, tetapi bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu?

Hal ini menjadi pertanyaan banyak orang, bagaimana caranya dapat mendapat uang dari aktivitas ngeblog. Blog dapat dibilang merupakan media yang paling murah dan bisa digunakan banyak orang menulis beragam tulisan seperti, blog traveling, review produk, tutorial, resep makanan hingga blog pribadi.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Menghasilkan uang di zaman serba mudah dan didukung dengan perkembangan teknologi bisa dibilang semakin mudah. Kita hanya dituntut untuk perlu kreatif dan tidak segan menyalurkan kesenangan, hobi hingga bakat yang dimiliki di media sosial, salah satunya blog.

Perubahan gaya hidup banyak orang yang kini susah lepas dari ponsel pintar atau smartphone mereka, menjadi lahan untuk kesempatan berbisnis. Mulai dari jual beli barang secara online, belajar atau kuliah secara online bahkan mencari pengalaman pun dapat melalui media.

Akan tetapi, dalam dunia tulis menulis sering kali terkendala dengan masalah sulitnya menemukan ide yang akan dituangkan di dalam blog yang Anda akan dibuat nantinya. Namun jangan khawatir, dalam artikel ini Anda pasti akan menemukan cara menghasilka uang dari ngeblog, perlahan tapi pasti akan menghasilkan uang.

Tata Cara Menghasilkan Uang dari Ngeblog!

1. Mulai Membuat Blog

Sebelum Anda menjemput rejeki memanfaatkan perkembangan dunia digital, Anda perlu memiliki atau membuat blog terlebih dahulu. Meski demikian, langkah ini juga menjadi batu sandungan bagi kebanyakan blogger pemula yang tidak banyak memiliki pemahaman mengenai dunia blogging.

Namun jangan khawatir, hal ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Terdapat beberapa langkah sederhana yang hanya perlu diikuti dalam membuat blog. Berikut beberapa yang harus Anda perhatikan dan lakukan dalam membuat blog.

Pilih platform blog, untuk memiliki sebuah blog Anda perlu memilih platform blorg terlebih dahulu atau alat yang akan membantu konten Anda berada di website. Beberapa platform blog telah tersedia, seperti WordPress, platform ini sangat populer dan banyak diminati karena banyak kelebihan.

  • Gratis.
  • Mudah digunakan.
  • Hadir sejak lama, dilengkapi dengan sistem kemananan.
  • Anda dapat memilih tema sesuai keinginan.

Tentukan nama domain dan hosting, langkah menentukan nama domain atau nama alamat blog Anda sangat penting. hal ini seperti rumah bagi Anda di internet. Anda harus kreatif dalam memilih nama, pilihlah nama yang belum digunakan oleh orang lain.

Selain itu, nama yang Anda pilih juga harus sesuai dengan konten atau isi dari blog Anda nantinya. Hal ini mempengaruhi pencarian yang dilakukan oleh orang lain dan bertujuan untuk memudahkan dalam menemukan blog milik Anda.

Konfigurasi blog, jangan bingung jika Anda pertama kali melihat dahsboard pada blog milik Anda, hal ini bisa diatasi dengan mudah. Terdapat banyak sekali tutorial untuk membantu Anda menggunakan WordPress, mengatur dan membuat blog Anda terlihat beroperasi dengan baik.

Desain blog, hal ini juga penting mengingat blog yang Anda buat akan dikunjungi oleh banyak orang. Pastikan Anda memilih dan membuat desain yang cocok dengan isi konten yang Anda bagikan di blog. Desain yang menarik juga mampu membuat blog Anda lebih menonjol ketimbang blog lain.

Jika Anda masih bingung dalam membuat desain, Anda dapat melihat beberapa video tutorial mengenai cara membuat desain blog yang bagus. Untuk saran saja, meski wordpress menyediakan tema gratis, sebaiknya Anda memilih tema yang berbayar karena cenderung memiliki efek yang bagus dalam mesin pencarian di google.

2. Buat Konten Menarik dan Bermanfaat

Setelah Anda memiliki blog, isikan blog milik Anda dengan konten yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi banyak orang. Pilihan ini akan bergantung sesuai dengan topik yang Anda pilih nanti atau yang sudah Anda rencanakan.

Beberapa poin dapat di gunakan sebagai tolok ukur keberhasilan menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat. Seperti, konten yang menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan mengubah kehidupan orang lain.

3. Mencari dan Menemukan Pembaca

Jika Anda telah menemukan konten yang bermanfaat maka langkah selanjutnya adalah mencari dan menemukan pembaca konten di blog yang Anda buat. Anda perlu mempromosikan konten-konten di blog agar mulai dapat dibaca oleh orang lain.

Perlu diperhatikan jenis pembaca yang Anda inginkan masuk ke blog yang telah Anda buat. Beberapa diantaranya seperti ini, apakah mereka pembaca blog tertentu, apakaha mereka pernah berpartisipasi dalam forum, apakah mereka sering mendengarkan podcast, hingga berkumpul dengan komunitas sosial.

Jika hal-hal tersebut sudah Anda ketahui, maka saat itulah Anda harus masuk ke dalam dunia mereka dengan mulai melihat pengunjung blog mereka, menawarkan guess post atau hanya dengan menjawab  pertanyaan. Ini dapat disebut sebagai membina hubungan yang baik.

4. Membangun Hubungan dengan Pembaca

Ketika Anda sudah fokus dalam menciptakan dan menemukan konten yang cocok untuk jenis pembaca yang mengunjungi blog Anda, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjalin hubungan baik dengan para pembaca.

Hal ini dapat dilihat dari tanggapan melalui komentar yang mereka lontarkan, melalui hal ini Anda akan dapat lebih mengetahui keinginan para pembaca akan isi konten yang Anda buat nantinya. Efek baik lainnya adalah Anda dapat meminta tolong pembcaca tadi untuk membagikan dan menyebarkan blog milik Anda.

6. Anda Bukan Pendatang Baru

Pendatang baru dapat disebut juga dengan Newbie, sebagai blogger pemula tentu banyak yang harus dipelajari dari segi skill hingga tampilan blog Anda. Sebisa mungkin jangan sampai Anda terlihat sebagai pendatang baru atau newbie, hal ini dimaksudkan agar blog milikmu tidak terlihat baru.

Dalam segi tampilan, pastikan huruf dan warna blog Anda tidak berubah-ubah, apabila blog milik Anda terlihat ‘labil’ atau tidak konsisten maka para pembaca akan menilai bahwa Anda merupakan seorang yang tidak profesional.

7. Kumpulkan Banyak Email

Mengumpulkan banyak email pengunjung merupakan salah satu strategi marketing agar Anda dapat menaikkan traffic blog. Bagaimana caranya? sangat sederhana, apabila Anda membuat postingan baru, Anda dapat memberitahu orang lain dengan cara mengirim notifikasi melalui email pengunjung blog Anda.

Bagaimana caranya mengumpulkan banyak alamat email, sangat mudah Anda dapat mencarinya menggunakan WordPress Email Marketing Plugin atau Email Capture, gunakan dengan sebaik-baiknya.

8. Pasang Iklan PPC

Memasang iklan Pay per Click (PCC) merupakan model menghasilkan uang yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang Anda pasang di blog. Dua penyedia PPC ini yang paling terpopuler untuk blog di Indonesia adalah Google AdSense dan klik saya.

Anda tak perlu repot-repot mencari pengiklan karena para penyedia PCC sudah menyediakannya untuk Anda. Yang diperlukan adalah setelah disetujui sebagai mitra dari PPC, tugas Anda adalah meningkatka dan mengoptimasi pengunjung serta tampilan.

Uang yang Anda hasilkan dari iklan PCC adalah berapa banyak klik yang dianggap sah oleh penyedia, waktu pembayaran pun bergantung pada ketentuan masing-masing penyedia. Contohnya, Google AdSense akan membayarkan hak Anda setelah 21 hari.

9. Sediakan Tempat Iklan

Menyediakan tempat untuk iklan pada blog milik Anda merupakan pengertian dari iklan mandiri. Umumnya berbentuk banner dengan beragam ukuran. Cara ini terbilang lebih efektif untuk menghasilkan uang dari ngeblog. Selain itu uang akan langsung masuk ke kantong Anda setelah tempat iklan yang Anda sediakan dibeli oleh pengiklan.

Sumber Penghasilan dari Ngeblog

Sumber penghasilan dari blog bukan hanya satu saja, tetapi terdapat banyak sumber yang mampu menghasilkan uang dari blog yang Anda buat. Akan tetapi, datangnya berbagai sumber ini juga dibarengi dengan berkembanganya blog milik Anda dan semakin banyak yang membaca tulisan atau konten Anda di blog tersebut.

Karena hal ini juga sangat penting untuk diketahui, maka dari itu Anda harus paham apa saja sumber penghasilan yang di dapat dari ngeblog, berikut beberapa sumber penghasilan tersebut.

1. Iklan

Pastikan traffic pembaca pada blog Anda mulai naik, sehingga hal ini akan memicu datangnya para pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan yang mereka tawarkan dapat dilihat para pembaca di blog milik Anda. Sudah banyak blogger yang mulai memperoleh dengan menggunakan cara ini.

Meskipun Anda belum memiliki trafic yang baik dan tinggi, tetapi terdapat pengiklan seperti Google AdSense yang memungkinkan penerbit skala kecil untuk beriklan di blog Anda.

2. Afiliasi

Pemasukan melalui afiliasi menjadi pemasukan paling umum yang dimiliki oleh para blogger. Yang dimaksud dengan pemasukkan afiliasi adalah Anda akan membuat tautan untuk sebuah produk yang akan dijual di situs lain dan membeli produk tersebut, Anda akan mendapat komisi dari penjualan itu.

Afiliasi menjadi cara tepat untuk memulai monetisasi blog, dikarenakan proses afiliasi sangat mudah dilakukan. Anda dapat memanfaatkan para pembaca setia Anda untuk membeli atau sekedar merekomendasikan produk yang djual tadi.

3. Event

Kini, semakin banyak blogger mampu menghasilkan uang dari mengadakan event. Event ini pun dapat dilakukan dalam skala besar dan kecil tergantung dari permintaan dan kebutuhan yang diperlukan.

Anda dapat mendapatkan uang melalui penjualan tiket dn sponsor event tersebut. Namun, untuk mengadakan event ini Anda terlebih dahulu harus memahami bagaimana cara pelaksanaannya.

4. Reccuring Income

Reccuring Income atau dapat juga disebut continuity program merupakan sebuah dimana para pembaca diharuskan untuk membayar sejumlah uang secaara teratur, dapat dalam bulanan atau tahunan. Hal ini dimaksudkan agar para pembaca mendapat akses istimewa.

Akses istimewa ini berkaitan dengan akses pada konten yang lebih bagus, biasa disebut konten premium, komunitas, layanan khusus, hingga pelatihan dan lain sebagainya sesuai yang akan Anda tawarkan nantinya.

5. Jasa dan Layanan

Jasa dan layanan ini menjadi salah satu teknik menghasilkan uang bagi seorang blogger, biasanya pada blogger akan menawarkan jasa atau layanan pada para pembaca mereka. Jasa ini bisa dalam bentuk pelatihan, konsultasi, penulisan dan lain sebagainya.

6. Produk

Kebanyakan para blogger yang sudah lama menggeluti bidang ini, mereka akan mengeluarkan sebuah produk hasil karya mereka bisa dalam bentuk sebuah buku. Namun, produk ini bisa bermacam-macam bentuknya, tergantung kreatifitas mana yang akan Anda keluarkan.

7. Pendapatan Lain

Untuk pendapatan lain bisa didapat dari sebuah permintaan dinasi atau sindikasi konten ke situs lain, bagi blogger yang memberikan seluruh waktunya pada pekerjaan ini, mereka biasanya dapat menghasilkan uang dengan lebih dari sumber penghasilan.

Pendapatan Langsung dan Tidak Langsung

Pendapatan Langsung

Iklan AdSense di blog dapat diletakkan untuk mempromosikan beberapa produk di Amazon sebagai afiliasi, dengan semakin banyaknya pembaca maka akan banyak pula pemasukkan yang mengalir pada Anda. Pemasukan akan tumbuh jika traffic yang Anda bangun juga tumbuh dengan baik.

Pendapatan Tidak Langsung

Pendapatan tidak langsung bisa didapat apabla blog yang Anda buat mulai tumbuh. Anda dapat menjual jasa sebagai pembicara atau konsultan hingga mendapatkan tawaran untuk menulis buku dari penerbit. Semua pendapata tersebut tidak langsung datang dari blog yang dibuat tetapi karena adanya blog Anda.

Mengenal Tipe-tipe Blogger

1. Blogger Idealis

Bila ditilik dari jenisnya saja, blogger idealis tentu sangat berseberangan dengan blogger realis. Idealis memrupakan suatu prinsip terhadap keyakinan yang dianggap benar oleh seseorang tertentu yang didasarkan dari pengalaman,  pendidikan, budaya dan kebiasaan.

Biasanya, blogger idealis lebih suka mengangkat tema artikel berdasarkan ilmu yang mereka peroleh dari pengalaman, tidak mudah terbawa arus atau mengikuti isu dan perkembangan yang tengah booming.

2. Blogger Egois

Umumnya didominasi olehkaum penjiplak atau copy paste (copas). Blogger egois dapat dikatakan sebagai seorang yang kurang menghargai karya cipta dari orang lain. Kebanyakan isi artikel dari blogger egois adalah copy paste tanpa ijin terlebih dahulu.

Bagi mereka kemajuan blog sendiri lebih diutamakan meskipun dapat mencederai karya dan hak cipta orang lain. Blogger yang seperti ini tidak akan dapat menghasilkan tulisan murni berdasarkan pemikirannya sendiri.

3. Blogger Humoris

Blogger humoris kebanyakan menyukai suatu hal yang dianggap lucu, konyol dan memiliki selera humor bagi mereka serta mampu menarik perhatian para pembaca untuk mendekat pada mereka.

Tipe blogger yang satu ini sudah pasti memiliki keahlian yakni skill enterpreneur atau kemampuan untuk menghibur. Hal ini tak lepas dari sifat asli yang penulis yang menyukai hal-hal lucu dan suka bercanda. Biasanya, isi konten blogger humoris lucu namun tetap mendidik.

4. Blogger Ortodok

Tipe blogger yang satu ini identik dengan pemikiran kuno, bisa disebut ketinggalan zaman. Hal-hal berbau religi biasanya paling disukai oleh blogger ortodoks yang masih memegang pakem dalam dunia blogging secara fundamental.

Blogger ortodoks juga akan menjauhi cara-cara membuat b blog yang dianggap telah keluar jalur atau tidak sesuai dengan pedoman yang ada. Kebanyakan artikelnya mengangkat tentang tutorial dengan detail.

5. Blogger Sosial Humanis

Blogger sosial humanis menganut paham yang menganggap manusia merupakan obyek terpenting, para blogger ini lebih suka menghadirkan tulisan bertema kemanusiaan serta nilai-nilai moralitas manusia. Selain itu, mereka jga mengajak pembaca untuk ikut berperan dalam program yang tengah digeluti.

Biasanya isi dari artikel blogger sosial humanis mencerminkan keseharian mereka dalam dunia nyata. Mereka juga aktif dalam dunia organisasi sosial dan juga aktivitas kemanusiaan lainnya.

6. Blogger Inspiratif

Blogger inspiratif biasanya menjadi panutan atau sumber inspirasi, hal ini dilihat dari kesuksesan karya yang dihasilkan oleh para blogger inspiratif dan kemudian dijadikan menjadi bahan percontohan para blogger lain atau blogger pemula.

Artikel para blogger inspiratif kebanyakan berisi konten yang menginspirasi banyak orang. Tak heran jika kolom komentar pada blog mereka banjir akan tanggapan dari para pembaca.

Mereka memiliki tulisan yang unik, mampu membawa manfaat pada suatu bidang tertentu seperti pendidikan, agama, wisata, sosial, masyarakat dan lain sebagainnya. Selain itu, blogger inspiratif biasanya aktif di dunia maya dan nyata, mereka suka berbagi ilmu serta pengalaman.

7. Blogger Kontroversial

Tipe blogger kontroversial merupakan blogger yang suka menantan arus, isi yang terdapat pada konten mereka berisikan kritikan dan sindiran terhadap sesuatu yang mereka anggap tidak sesuai dengan norma yang ada. Biasanya topik yang dipilih mengenai politik.

Selain politik, materi yang mereka angkat tak jauh dari sosial budaya dan ekonomi. Mengapa tiga aspek diatas yang dipakai, karena penyimpangan pada aspek-aspek itulah yang mudah ditemukan dan dijadikan sebagai obyek tulisan.

8. Blogger Arogan

Blogger arogan identik dengan kebiasaan pamer yang mereka lakukan, blogger ini sangat mudah ditemukan di media sosial khususnya facebook. Blogger arogan ini dapat dikatakan hanya ingin eksis di dunia blogging melalui sikap arogansi yang tidak mereka miliki.

Beberapa hal yang sering mereka pamerkan tidak jauh dari seputar trafik blog, pendapatan uang, earning dan lain sebagainya.

9. Blogger Motivator

Blogger motivator senang mengamatai perilaku manusia dari sisi psikologi kemudian mereka tuangkan dalam tulisan yang dibuat. Isi dari konten yang mereka buat biasanya memiliki kalimat yang mampu memotivasi dan membuka pikiran ke arah yang lebih baik.

Tentunya dengan hal tersebu, artikel mereka akan mendapatkan respon positif dari para pembaca. Kebanyakan pembaca ingin berkonsultasi dengan si penulis mengenai hal tertentu.

10. Blogger Oportunis

Blogger oportunis memiliki tujuan yakni mampu menghasilkan banyak uang. Hal ini tak lepas dari arti sifat oportunis yang merupakan sifat seseorang untuk dapat mengambil keuntungan bagi diri sendiri melalui kesempatan yang ada.

Goal yang ingin mereka capai adalah bagaimana trafik yang mereka buat dapat meningkat dan memiliki pengunjung yang banyak, sehingga banyak pula uang yang dihasilkan dari blog tersebut.

Tipe blogger yang satu ini biasanya lebih mendominasi konten mereka dengan rievew sebuah produk dan beberapa iklan yang menghasilkan banyak keuntungan. Maka tak heran jika para blogger ini sangat menguasai teknik SEO yang memudahkan mereka untuk dapat meningkatkan trafik.

Dua Tips Dasar Blogger Pemula

Terdapat dua tips dasar yang harus dikuasai dan dipahami jika Anda termasuk blogger pemula. Mungkin dua tips ini sudah dapat Anda temukan pada artikel lain, akan tetapi sebagian dari Anda baru mengetahui pentingnya dua hal tersebut di dalam artikel ini.

1. Nama Domain

Perhatikan nama domain, untuk blog pribadi Anda dapat memilih dengan nama yang sesuai selera atau mampu menggambarkan kepribadian Anda. Namun, untuk blog yang mengarah ke bisnis atau diperuntukan menghasilkan uang maka harus disesuaikan.

Baca juga : Pentingnya nama domain untuk bisnis

2. Hosting

Hosting dapat diibaratkan sebuah rumah bagi blog, pilihlah hosting terbaik yang memiliki banyak keunggulan agar memudahkan Anda dalam mengelola blog yang telah dibuat sebelumnya. Banyak hosting yang bisa didapa di internet, ada yang gratis ada pula yang berbayar.

Cara menghasilkan uang dari blog sangat mudah jika dilakukan dengan disiplin dan tetap kreatif, banyak orang gagal dalam menjalankan blog mereka karena kurang sabra dan malas dalam mengisi konten, semoga Anda termasuk blogger yang tidak mudah menyerah dan selalu semangat dalam menghasilkan konten-konten kreatif.

Sharing is caring!

Tinggalkan komentar