tugu muda semarang

Panduan 3 Jam Jalan-Jalan Di Semarang

Buat kamu yang lagi mampir ke Semarang tapi tidak punya banyak waktu untuk berlama-lama.

Berikut adalah #MampirSebentar adalah sebuah konten untuk panduan wisata. Saat ini panduan ini akan saya lakukan berdasarkan pengalaman yang saya alami.

Oke, ini adalah perjalanan saya ngabuburit waktu bulan ramadhan 1440H 2019 bersama keponakan saya Jaya.

Niatnya kami akan melakukan ngabuburide sambil membuat video singkat dibeberapa tempat.

Sebelum berangkat, saya sudah melakukan riset kemana saja kami akan melakukan perjalanan. Dan berapa lama waktu yang akan kami butuhkan dari jam 2 siang sampai rumah untuk berbuka.

Perjalanan dari rumah sampai kota sekitar 30 menitan.

Dijalan saya sambil mencari toko HP yang menjual holder HP, ternyata banyak toko yang tidak punya barang tersebut. Dan pada akhirnya saya menuju sebuah toko yang pasti menjual barangnya. Hanya saja memerlukan antrian yang cukup lama.

Setelah membeli barang yang saya maksud, dan sebelumnya didalam toko saya sudah menentukan rute tercepat menuju Masjid Agung Jawa Tengah.

Kami berdua langsung melesat kesana karena waktu yang semakin tipis dikarenakan ada beberapa tempat lagi yang harus kita kunjungi.

sekitar jam 3 lebih saya sampai lokasi. Tidak ada tiket masuk, hanya perlu membayar parkir sebesar 3,000 Rupiah untuk kendaraan roda dua.

Saya mulai melakukan take video dan foto disini.

Masjid dengan luas 10 hektar sangat cocok untuk wisata religi atau sekedar mengambadikan momen, apalagi untuk kamu yang beragama Islam bisa sekalian merasakan solat disini.

Kota Lama

Jam sudah menunjukan 15.50 dan kami bergegas menuju kota lama semarang, perjalanan hanya butuh sekitar 15 menitan.

Karena waktu itu ada perbaikan jalan menuju kota lama akhirnya saya membuka google maps untuk mencari rute tercepat. Terima kasih google maps 🙂

Kota lama Semarang sebuah destinasi wisata yang wajib kamu detengin.

Setelah sampai kota lama saya mencari parkiran, untuk teman-teman yang akan kesini dan mencari parkiran untuk roda dua saya rekomendasikan parkir disamping Gereja Blenduk. Atau rekomendasi lain bisa menggunakan layanan dari transportasi online.

Kota Lama Semarang
kota lama semarang

Di kota lama Semarang ini ada banyak bangunan tua peninggalan jaman belanda yang bisa kita nikmati. Banyak hal yang bisa diabadikan melalui lensa mata dan kamera disini. Waktu itu kota lama masih dalam masa perbaikan.

Tak pikir panjang saya dengan keponakan saya mulai take video, padahal hasilnya disini pendek sekali. Bisa dibilang disini banyak spot menarik hanya saja waktu kami tidak banyak untuk mengabadikan semuanya.

Lawang Sewu & Tugu Muda

Sekitar jam 16.30 sore lebih kami berjalan dari kota Lama langsung menuju wisata Lawang Sewu dan Tugu Muda.

Perjalanan yang kami tempuh sekitar 15 menitan, sambil nyantai ajalah 🙂

Disana kami tidak masuk lawang sewu karena waktu yang tidak memungkinkan.

Oh ya parkir disini sangat mahal dibandingan tempat wisata sebelumnya, untuk roda dua saja 5,000 rupiah. Dan yang bikini lucu dikertas parkir ada tulisan “Kerusakan dan kehilangan bukan tanggung jawab kami“. Mantaps 🙂

Untuk masuk wisata lawang sewu sendiri juga dikenakan biaya lagi sekitar 10ribuan-15ribuan saya lupa.

tugu muda semarang
Tugu Muda Semarang

Karena waktu yang semakin tipis, saya melakukan take video lagi disekitaran tugu muda. Waktu terbaik kesini memang sore hari karena sunsetnya bagus.

sekitar jam 5 lebih saya pulang, sebelum itu kami sudah mendapatkan takjil gratis yang dibagikan oleh beberapa orang kayrawan. Dan karena sebuah kesempatan, dijalan kamipun sambil berburu takji gratis. Tepatnya dijalan pemuda ada beberapa orang yang membagikan takjil gratis, alhasil sayapun memepetkan kendaraan kekiri jalan agar dapat gratisan, hehe lumayan buat berbuka dijalan hehe 🙂

Ternyata perjalanan pulang ditempuh waktu yang cukup lama, ini dikarenakan bebarengan dengan pulangnya para pekerja dan ditambah melewati pasar ngaliyan yang pasti tersendat akibat kendaraan yang akan berputar balik ataupun menyebrang. Santai gak sampai macet parah kok 🙂

Karena perjalanan yang lama, ini membuat kami harus berbuka ditengah-tengah perjalanan. Setelah sedikit menikmati takjil gratis, kami langsung melesat cepat menuju rumah untuk berbuka puasa.

Perjalanan yang kami temput dari jam 2 siang sampai 5 lima lebih atau sekitar 3 jam setengah lebih.

Jadi buat buat teman-teman yang lagi mampir di Semarang dan tidak punya waktu sampai 4 jam bisa cobain tempat wisata tersebut.

Dan hasil videonya menggunakan kamera HP seperti ini, masih sangat basic dan sederhana.

Terima kasih 🙂

Tinggalkan komentar